10 Oktober 2018

Putus Asa Akibat Menganggur

Tidak pernah dicapai sesuatu yang sangat baik, kecuali oleh mereka yang berani percaya bahwa sesuatu di dalam mereka itu unggul, dibanding keadaan.” – Bruce Barton.

Seorang pemuda (27 tahun) pengangguran di Jatinegara nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Anwar diduga bunuh diri karena frustasi karena tidak punya pekerjaan.  Sudah lima tahun mencari kerja, tapi tak kunjung mendapatkannya.


Kesulitan hidup bahkan membuat beberapa orang mengambil jalan pintas yang menurut mereka adalah jalan terbaik dalam menyelesaikan masalah. Bunuh diri mereka anggap bisa keluar dari himpitan masalah ekonomi, padahal kita semua tahu kapan kematian datang menjemput, dan seandainya ajal kita bukan pada saat bunuh diri, lalu apa jadinya? Kita menjadi tambahan masalah baru lagi karena kita jadi beban orang-orang terdekat dengan kecacatan kita. Lupakan bunuh diri. Berani hidup itu lebih perkasa, daripada berani mati.

Sebulan menganggur masih menyenangkan, namun setelah tiga bulan, enam bulan, setahun berlalu lamaran pekerjaan yang kamu kirimkan tak kunjung dibalas. Kamu seperti menemukan jalan buntu. Rasa putus asa mungkin terlintas. Perangi  putus asa dan ciptakan peluang baru untukmu. Pahamilah, bekerja tidak selalu duduk manis di belakang meja  bersama perusahan besar dengan kemeja rapi.
Life must go on, jika satu pintu tertutup, pasti terbuka kesempatan lain lewat jendela. Inilah beberapa peluang pekerjaan yang mungkin cocok untukmu. 

Kerja Sementara
Kerja  sementara (paruh waktu) ini bisa kamu lakukan jika belum menemukan pekerjaan tetap yang cocok. Misalnya mengantikan karyawan tetap yang cuti melahirkan selama tiga bulan. Project data entry berjangka 6 bulan. 

Freelancer

Freelancer  adalah pekerjaan yang kerjanya mencari kerja, namun di jaman internet sudah banyak marketplace yang menjadi wadah freelancer, seperti sribulancer.com. Pekerjaan freelance yang tersedia beragam seperti : jasa web desain, content writer, copywriting, dll. Pencari kerja terkadang susah mencari freelancer yang berkualitas dan bisa dipercaya, dan freelancer juga tak mudah mencari project, maka bergabunglah dengan sribulancer.com.

...ke depannya, orang akan lebih rileks bahwa kerja itu tidak perlu di kantor terus, atau di korporat company.”
 – Ryan Gondokusumo, CEO Sribulancer, 9/10/2018. 

Kerja Paruh Waktu
Kerja paruh waktu buan lagi monopoli anak sekolahan. Kerja paruh waktu ini bisa kamu jadikan sebagai tangga untuk menemukan pekerjaan idaman. Kerja paruh waktu bisa membuat dapur tetap ngebul, dompet sedikit berisi, dan kamu masih bisa melanjutkan perburuan mencari pekerjaan yang sebenarnya. Misalnya : waitress, cook helper, ojek motor online, dan lain sebagainya. 

Kerja Sukarela
Kerja sukarela adalah pekerjaan yang sesuai passionmu tanpa menerima bayaran, seperti mengajar anak-anak jalanan, menjadi anggota KSR (Korsp Sukarelawan PMI). Kamu tidak mendapatkan uang, namun kamu kaya akan pengalaman dan teman baru (link). 

Wiraswasta
Wiraswasta adalah kamu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, misalnya dari hobby menulis, membaca buku, kamu bisa membuka start up penyedia artikel, atau resensi buku. Asalkan kamu punya keterampilan, kamu punya karya, jalani saja nanti di tengah jalan ketemu jalan yang benderang.

Seandainya kelima pilihan tersebut sudah kamu lakukan namun belum berhasil, obat putus asanya adalah dengan MULAILAH MEMBERI. 

Bila tak seorangpun berbelas kasih pada kesulitan Anda,
tak ada yang mau merayakan keberhasilan Anda...
tak seorang pun bersedia mendengarkan, memandang, dan memperhatikan apapun pada diri Anda.

Jangan masukkan ke dalam hati.
Manusia selalu disibukkan dengan urusannya sendiri.
Manusia kebanyakan mendahulukan kepentingannya sendiri.
Anda tak perlu memasukkan itu ke dalam hati.
Karena hanya akan menyesakkan dan membebani langkah Anda.
Ringankan hidup Anda dengan memberi pada orang lain.

Semakin banyak Anda memberi, semakin mudah Anda memikul hidup ini.
Berdirilah di depan jendela, dan pandanglah ke luar...
Tanyakan pada diri sendiri, apa yang bisa Anda berikan pada dunia ini?
Pasti ada alasan kuat mengapa Anda hadir di sini.
Bukan untuk merengek atau meminta dunia menyangjung Anda.

Keberadaan Anda bukan untuk kesia-siaan.
Bahkan seekor cacingpun dihidupkan untuk mengemburkan tanah.
Dan sebongkah batu dipadatkan untuk menahan gunung.
Alangkah hebatnya Anda dengan segala kekuatan yang tak dimiliki siapapun untuk mengubah dunia.
Itu hanya terwujud bila Anda memberikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar