29 Oktober 2012

Metode Menemukan Minat Anak


Orang akan bertanya-tanya , bagaimana mungkin mengetahui minat anak dan bagaimana mungkin membedakan minat dan kesenangan sementara? Anak tidak lengkap dilahirkan dengan minat. Minat merupakan hasil dari pengalaman belajar. Jenis pelajaran yang dihasilkan minat itu akan menentukan seberapa lama minat bertahan, berdasarkan kepuasan yang diperoleh dari minat itu.

Metode menemukan minat anak adalah sebagai berikut.

1. Pengamatan Kegiatan
Amati mainan anak, apa saja benda-benda yang mereka beli.
2.  Pertanyaan
Bila anak terus menerus bertanya mengenai sesuatu minatnya pada hal tersebut, lebih besar daripada minatnya pada hal lain.   
3.Pokok Pembicaraan
Apa yang dibicarakan anak dengan orang dewasa atau teman sebaya memberi petunjuk tentang minat mereka dan seberapa kuat minat tersebut.
4. Membaca
Bila anak-anak bebas memilih buku untuk dibaca atau dibacakan, anak akan memilih yang membahas topik yang menarik minatnya.
5. Menggambar Spontan
Apa yang digambar atau ditulis anak secara spontan, dan seberapa sering mereka mengulangnya, akan memberi petunjuk tentang minat mereka terhadap sesuatu.
6. Keinginan
Bila ditanya apa yang diinginkan, bila mereka dapat memperoleh apa saja yang mereka inginkan (kebanyakan anak dengan jujur akan menyebut hal-hal yang paling diminati).
7. Laporan Mengenai Apa Saja yang Diminati
Bila ditanya untuk menyebut atau menulis tiga benda atau lebih paling diminati anak-anak akan menunjukkan minat yang telah terbentuk, yang memberi petunjuk : sesuatu yang memberi mereka kepuasan. 

Bagaimana Minat Dipelajari ?

Umumnya minat bertumbuh dari 3 jenis pengalaman belajar. Pertama, dalam belajar coba ralat. Anak-anak menemukan bahwa sesuatu menarik perhatian mereka. Minat seperti ini mungkin bisa berlangsung lama atau sekedar kesenangan sesaat.

Kedua, dalam belajar melalui identifikasi orang yang dicintai atau dikagumi. Sebagai contoh: bila ayah seorang anak laki-laki sering mengutak atik motor sebagai hobbi maka kemungkinan anak itu mengembangkan minat serupa, sehingga ia dapat ikut serta dalam kegiatan ayahnya.

Ketiga, minat mungkin berkembang melalui bimbingan dan pengarahan seseorang yang mampu menilai kemampuan anak.  Metode yang mereka gunakan untuk menilai minat anak-anak dengan 3 pilihan, yaitu
2. Metode grafologi (membaca tulisan tangan)
3. Metode test  IQ

Padu-padankan berbagai metode untuk mengenali minat anak-anak, sehingga ia dapat menjadi yang terbaik di bidang apapun yang ia tekuni. Sejatinya, orang tua adalah busur yang mampu melejitkan potensi terbaik anak-anak mereka. Selamat menangkap minat terbaik anak-anak hebat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar