21 Desember 2011

Durian di Kambing Hitamkan Menyebabkan Stroke?

Ketika mantan Presiden Soeharto masuk rumah sakit akibat stroke , durianlah yang dijadikan kambing hitam. Katanya beliau sempat makan durian dan daging kambing beberapa saat sebelum terjadi stroke. Dan ini bukan pertama kalinya durian dituding sebagai penyebab meningkatnya tekanan darah sehingga menyebabkan serangan jantung, stroke, pecah pembuluh darah yang menyebabkan kematian. Apakah benar begitu? 

Salah bila kita mengkambinghitamkan durian sebagi penyebab kematian atau memburuknya kesehatan seseorang. Durian tidak mengandung kolesterol jahat seperti yang diduga oleh masyarakat  selama ini. Kolesterol hanya terkandung dalam makanan hewani seperti hati, daging, kuning telur, susu, dan hasil olahannya. Durian bisa menimbulkan masalah kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan oleh seseorang yang memiliki risiko penyakit jantung, darah tinggi dan kolesterol. Durian mengandung karbohidtar, lemak yang cukup tinggi, ditambah alcohol. Semakin banyak durian yang dimakan semakin banyak pula karbohidrat, lemak dan alcohol  yang masuk ke dalam tubuh dalam waktu yang bersamaan.

Akibatnya jantung, ginjal dan hati harus ekstra kerja keras untuk dapat mencerna semua itu.  Dan pada akhirnya memicu terjadinya stroke dan serangan jantung. Selain itu, durian menimbulkan gas di dalam perut ini mengganggu saluran pencernaan bagi yang mengalami tukak lambung, radang lambung. Mitos Cara Mengatasi Mabuk Durian : Tuangkan air minum matang ke dalam tempurung durian.

Tips aman makan durian : Jangan rakus…

1 komentar:

  1. benar sekali, kl dikonsumsi sewajarnya tidak akan menimbulkan masalah yg serius. lagian makan 1 buah sj jg udah puas deh kayaknya.

    BalasHapus