15 Mei 2009

Menolong Tuna Netra dengan Donor Mata



Kerusakan kornea mata merupakan salah satu penyebab kebutaan di Indonesia. Namun kebutaan tersebut sebenarnya bisa ditolong dengan pencangkokan kornea. Sayangnya, meski Bank Mata sudah berdiri sejak tahun 1969, hingga saat ini jumlah orang yang mendedikasikan diri sebagai donor mata masih sedikit.




Kerusakan kornea dapat terjadi akibat kelainan bawaan, kekurangan vitamin A, infeksi bakteri, luka karena kecelakaan, serta komplikasi operasi mata. Menurut dokter spesialis mata, Abdul Manan Ginting, yang juga menjabat sebagai ketua Bank Mata, saat ini jumlah calon donor mata di DKI Jakarta tercatat ada 11.744 orang dengan jumlah calon resipien (penerima donor) 475 orang.

Sampai dengan bulan Agustus 2007, Bank Mata Indonesia cabang Jakarta telah melakukan operasi pencangkokan mata (keratoplasti) sebanyak 3.355 kali yang dilakukan di beberapa rumah sakit besar, seperti RS Mata Aini, RSCM, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Eye Center, RS Pertamina, RS Islam Jakarta, dan RSUP Persahabatan.

Ginting menjelaskan, karena keterbatasan kornea mata dari pendonor, maka calon resipien yang diutamakan adalah mereka yang penglihatan kedua matanya kurang dari dua meter, serta masih dalam usia produktif, serta pasien dengan keadaan kornea hampir sobek. "Nanti dokter yang akan menentukan sesuai skala prioritas," katanya dalam acara peringatan Hari Mata Sedunia, di Jakarta (8/10).

Sementara itu kornea dari pendonor tidak akan diambil jika kematian calon donor tidak diketahui kapan dan penyebab kematiannya, menderita penyakit seperti AIDS, Hepatitis, atau anjing gila, serta tumor ganas. "Pengangkatan bola mata jenazah calon donor harus dilaksanakan kurang dari 6 jam sejak calon donor dinyatakan meninggal, dan dalam waktu 24 jam sudah dicangkokkan ke calon resipien," papar Ginting.

Setiap resipien yang mendapatkan cangkok kornea menurut Ginting akan dikenai biaya. " Ini bukanlah jual beli organ, tetapi harga yang harus dibayar untuk penggantian proses pengawetan kornea, pemeriksaan laboratorium, transportasi, dan biaya lainya dan itu semua merupakan unit cost. Jika calon resipien tidak mampu maka tidak dikenakan biaya apapun," jelasnya.

Artis pun Ikutan

Dalam acara peringatan hari mata sedunia sekaligus sosialisasi Bank Mata tersebut, hadir pula para tokoh agama yang menjelaskan pandangan agamanya mengenai donor mata. Gus Dur yang hadir sebagai perwakilan agama Islam mengatakan peran dari Bank mata sangat mulia karena menolong sesama manusia yang menghadapi persoalan cacat mata.

Selain itu hadir pula para artis ibukota yang berniat mendonorkan matanya, antara lain Bertrand Antolin yang memang sudah mendaftar sejak tahun 2002, serta artis Leony yang baru menyatakan keinginannya untuk menjadi calon pendonor mata. "Karena organ tubuh sudah tidak berarti buat kita setelah meninggal, tapi berarti buat mereka yang masih hidup dan membutuhkannya," ucap Leony, yang berharap matanya akan tetap sehat hingga akhir hayat.

Selain Bertrand dan Leony, artis lain yang menyatakan keinginannya untuk mendonorkan matanya antara lain Ronny Sianturi, Lita Zein, Alena, dan Nindy Elesse. Semoga niat tulus mereka mendorong lebih banyak orang agar tergerak menjadi donor mata sehingga makin banyak orang yang tergerak untuk menolong para tuna netra.

Sumber : kompas


40 komentar:

  1. mas jika saya tertarik mau mendonorkan mata saya kemana saya hars mendaftar ya

    BalasHapus
  2. Jika ada yang tertarik mendonorkan matanya setelah meninggal, hubungi BANK MATA INDONESIA Cabang Utama Jakarta Raya, RS Prof. Dr. Isak Salim "AINI", Jl. H.R Rasuna Said - Kuningan Jakarta Selatan 12920, telp (021) 5256228, pesawat 151118 Bapak Yan Budiman, pesawat 151119 Bapak Iskandar.

    Anda akan diperiksa kesehatan matanya, diberi kartu donor mata. Jika berubah pikiran: sobek saja kartunya, donor mata semudah mengedipkan mata.

    Salam
    Bobby Prabawa

    BalasHapus
  3. Mas Bobby, maksudnya berubah pikiran itu setelah daftar untuk jd donor mata masih bisa dibatalkan dg menyobek kartu donornya?ga ada keterikatan perjanjian gitu?

    BalasHapus
  4. Andrew : Betul Andrew. Sobek saja kartunya, itu artinya pendonor batal mendonorkan matanya. Jadi tuna netra paham langit itu benar-benar indah bukan cuma lewat katanya...katanya.

    BalasHapus
  5. kok jauh banget. rumah saya kediri, trus gimana? masak saya harus pergi jauh2 ke jakarta buat ni aja?
    kalo mata minus bisa di donorin gak?

    BalasHapus
  6. Anonim : Coba hubungi PMI terdekat, atau hubungi no. telp (021) 5256228, pesawat 151118 Bapak Yan Budiman; dan tanyakan prosedur donor mata bagi yang tinggal di daerah Kediri.

    Menurut pendapat saya mata minus bisa didonorkan, asalkan kornea matanya masih baik. Mata itu organ yang dipinjamkan Tuhan agar kita bisa melihat indahnya dunia..jadi kalau sudah meninggal alangkah baiknya jika didonorkan..:D

    Salam
    Bobby

    BalasHapus
  7. Anonim :
    Sekarang di tiap kota sudah ada cabang Bank Mata. Hasil jerih payah Ibu Ainun Habibie. Di Bogor juga sudah ada. Anda bisa mendaftarkan diri sebagai donor mata di cabang Kediri. Salam.

    BalasHapus
  8. saya masih 18th. ga papa kan daftar donor mata sekarang?

    BalasHapus
  9. Boleh. Asalkan dapat izin dari orang tua, dalam keadaan sehat, dan berdonor dengan iklas tanpa tenakan siapa pun. Seperti saya bilang; kalau batal...sobek saja kartu donornya--selesai--. Gitu dek..

    BalasHapus
  10. hmm.....aq butuh donor mata untuk papa saya,syaraf matanya papa msh ada yg bagus,aq berharap papa bisa melihat lagi..bisa melihat indahnya dunia....
    gmn caranya ya?
    mohon dibantu
    Rara - malang

    BalasHapus
  11. Rara, hubungi bank mata setempat atau bank mata di Jakarta. Tanyakan apakah ada donor mata untuk papamu? Demikian Rara.

    BalasHapus
  12. Dear All...
    Jika Anda ingin menjadi calon pendonor mata, datang saja ke Bank Mata Pusat Jl. Letjen S. Parman Kav 87/A3 Jakarta 11420 Telp. 5684527 atau Fax: 62-21-5684527

    Calon donor mata kemudian mengisi formulir yang harus disetujui oleh suami/istri, atau ahli waris lain. Bagi yang masih belum berkeluarga, persetujuan bisa dari orangtua.

    Calon pendonor mata akan menjadi bagian dari Perkumpulan Penyantun Mata Tuna Netra dan diberi kartu anggota lengkap dengan pasfoto 3x4. Kartu itu sebaiknya selalu dibawa ke mana pun Anda bepergian.

    Tidak semua orang bisa menyumbangkan matanya jika sudah meninggal. Mereka yang tidak bisa menjadi donor mata jika:

    • Matanya rusak, misalnya bagian hitam pada bola mata sudah berubah menjadi keputihan akibat kecelakaan atau infeksi.

    • Mereka yang pernah mengalami operasi katarak.
    • Penderita glaukoma
    • Mereka yang mempunyai penyakit kronis akibat virus, seperti hepatitis B dan C, atau AIDS. Pada orang yang menderita penyakit-penyakit tersebut, virus biasanya juga menyebar ke bagian mata.
    • Mereka yang menderita cytomegalo virus dan menimbulkan Meningitis.
    • Mereka yang meninggal karena rabies.
    • Mereka yang menderita kanker sistemis semisal leukimia.

    BalasHapus
  13. kemarin aku udah k PMI, kok katany gak tau menau ya soal donor mata. trus say harus menghubungi kemna? rumah saya Kediri. makasih,

    BalasHapus
  14. Sahabat di Kediri: Mba, sudah menghubungi Bank Mata yang di Jakarta belum?
    Ini alamatnya ...
    Jl. Letjen S. Parman Kav 87/A3 Jakarta 11420 Telp. 5684527 atau Fax: 62-21-5684527

    Silahkan dicoba ya...

    BalasHapus
  15. Malam Mas Bobby,

    perkenalkan saya Yuli,
    saya mau tanya kalau untuk pencangkokan mata secara utuh apakah bisa?
    karena kemarin saudara saya ada yg sudah di operasi kornea nya tetapi di dalam mata nya tumbuh nanah dan dokter memfonis bahwa mata nya sudah tidak tertolong lagi (alias sudah tidak bisa melihat lagi) apakah ada solusi lain selain menggunakan mata palsu??

    Terima Kasih...

    BalasHapus
  16. Selamat pagi Yuli....
    Saya kurang paham tentang pencangkokan mata, saya hanya orang awam yang berbagi info tentang donor mata. Alangkah baiknya dokonsultasikan dengan dokter mata, mereka pasti memiliki solusi yang tepat. Salam.

    BalasHapus
  17. Selamat malam kak, saya mau nanya, apakah bisa mendaftar sebagai calon donor mata tanpa izin orang tua, jika dengan izin, apakah orang tua harus ikut pada saat pendaftaran atau gimana? mohon penjelasannya..
    untuk daerah Bandung sendiri apakah bisa di RS Hasan Sadikin?
    kakak tau gak cara daftar sebagai calon donor organ tubuh lainnya?
    dan jika calon pendonor tersebut meninggal karena bunuh diri, apakah masih bisa didonorkan apabila syarat kesehatan organ bisa dipenuhi??

    BalasHapus
  18. Pagi Irda...
    Pertanyaan yang bagus..
    Setiap calon donor mata harus seizin orang tua, atau saksi. Mereka bisa ikut hadir dalam proses pendaftaran itu lebih baik karena mereka akan memperoleh penjelasan yang benar tentang donor mata secara benar.

    Untuk di daerah Bandung, saya kurang tahu persis apakah Irda dapat berdonor di RS Hasan Sadikin? Sebaiknya Irda tanyakan dulu kepada dokter yang bersangkutan di sana.

    Semua organ tubuh manusia bisa didonorkan kecuali otak. Ginjal, jantung, paru-paru, mata, dan sebagainya bisa didonorkan. 1 tubuh orang yang meninggal bisa menyelamatkan 55 nyawa.

    Jika pendonor melakukan bunuh diri apakah masih bisa didonorkan? Saya kurang tahu jawaban akan hal itu. Baiklah Irda, terima kasih atas kunjungannya. Senang sekali jika Irda bersedia jadi donor mata. Salam.

    BalasHapus
  19. Selamat malam kak...perkenalkan saya naila, mata saya glaukoma, dan salah satunya sudah tidak bisa melihat lagi...apakah pencangkokan bisa untuk penderita gloukoma? terima kasih sekali ya kak...

    BalasHapus
  20. Malam Naila...
    Menurut saya pencangkokan bisa dilakukan untuk penderita glaukoma. Coba konsultasikan dengan dokter mata dan tanyakan informasi tentang kesediaan donor mata di tempat Naila tinggal. Tetap semangat ya..:D

    BalasHapus
  21. sore kak bobby.. saya berniat sekali untuk mendaftarkan diri sebagai calon pendonor mata. tapi dari sekian banyak teman saya, hanya 1 orang yang menyetujui keinginan saya.. saya takut, kalau saya minta izin sama orang tua saya, mereka juga akan melarang saya seperti teman2 saya yang lain.. sebab umur saya pun baru menginjak usia 17th. bagaimana ya kak, saya bingung ..??

    BalasHapus
  22. Dear Alfia...
    Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang donor mata, lewat buku, blog, majalah dan konsultasi dengan dokter. Apa sioh sebenarnya donor mata? bagaimana sih prosesnya?

    Setelah lengkap baru sampaikan informasi utuk ke orang tua. Orang tua saya dulu juga melarang saya jadi donor; entah itu donor darah dan donor mata. Karena ketidaktahuan mereka dan terlalu sedikit informasi yang mereka punya.

    Setelah dipikir masak-masak baru putuskan, menjadi donor atau tunggu umur Aflia menginjak 18 tahun ke atas, atau jika orang tua sudah mengizinkan. Salam.

    BalasHapus
  23. selamat mlm kak,saya nana... saya punya keponakan bayi baru seminggu tapi tidak bisa membuka mata, kata dokter tidak ada bola mata,tapi masih dalam pemeriksaan... tempat tinggal saya diklaten jawa tengah... mohon infonya...trima kasih...

    BalasHapus
  24. Anonim : Coba hubungi PMI Jakarta atau PMI di dekat tempat tinggal adik, tanyakan info tentang kesediaan mata, untuk si kecil. :)

    BalasHapus
  25. Mas kakak saya ada permasalahan mata dan smp saat ini tidak dapat melihst jauh krn divonis dokter cacat bawaan kalo di jember jawa timur daftarnya kemana ya dan biaya operasinya berapa ya mas trims

    BalasHapus
  26. Denny, coba tanyakan ke dokter mata di Jember, barangkali mereka punya informasi yang lebih lengkap. Terima kasih sudah berkunjung. :D

    BalasHapus
  27. saya berminat jika saya meninggal saya ingin mendonorkan mata saya kepada orang-orang yang membutuhkan nya

    BalasHapus
  28. kak ,bisa tidak mata yg sudah tertusuk oleh
    benda tajam di ganti dgn pendonor mata..??

    BalasHapus
  29. Dik Edo Permana : Jika ada donor yang cocok mungkin bisa. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata dan bank mata terlebih dahulu, karena stok kornea mata yang tersedia di bank mata lebih seditik daripada kebutuhan pasien yang memerlukan kornea mata. Salam.

    BalasHapus
  30. bagaimana saya mau donorkan mata saya setelah saya meninggal, jarak kota palembang dengan tempat saya tinggal sekarang ini jauh takutnya nanti lbh dari 6 jam dan tidak berfungsi lagi ???? saya mau donorkan mata untuk orang yang dari kecil atau dari lahir tidak bisa melihat dunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan daftarkan diri ke bank mata terdekat Pak, tentang jarak kota bapak yang jauh dari Palembang, itu masalah teknis yang nanti bisa dicarikan jalan keluarnya. Salam.

      Hapus
  31. selamat sore mas..
    mas, calon mertua saya mendadak buta ketika dia berumur kira2 25 tahun, dan kini telah berumur 56 tahun
    di tempat beliau melayani (beliau pendeta) ada seorang teman yang divonis hukuman mati, dan beliau bersedia menyumbangkan matanya kepada calon mertua saya
    yang ingin saya tanyakan, apakah bisa prosedur pencangkokan mata itu dilakukan langsung oleh calon mertua saya dan pendonor tanpa melaui bank mata?
    lalu apakah calon mertua saya yang sudah tua masih bisa menerima donor mata tsb?
    selain itu, apakah donor mata tidak berdasarkan golongan darah?

    BalasHapus
  32. saya ingin mendonorkan mata saya (ketika masih hidup, usia 32 th) dan digunakan oleh putri saya yang berusia 4 tahun (setelah Matanya bengkak karna NHL)bisakah

    BalasHapus
  33. Juwita MS : Mba Juwita, cara terbaik adalah konsultasikan dulu dengan dokter mata tentang hal tersebut. Apakah cocok kornea donor dengan mata calom mertua Mba Juwita. Salam.

    BalasHapus
  34. Pak Bagus : Niat yang mulia Pak, konsultasikan dulu dengan dokter mata Pak. Apakah diizinkan, apakah cocok kornea bapak dengan putri bapak yang berumur 4 tahun. Putri saya juga berumur 4 tahun, namanya Queency. Salam kenal buat putri cantiknya ya Pak Bagus. :)

    BalasHapus
  35. mas saya tnggal di batam gimana cara nya saya bisa donor mata saya dngan mudah.farid

    BalasHapus
  36. apa kah boleh donor mata tp masih dalam keadaan hidup?

    BalasHapus
  37. saya bagus surya purnawan 30thn tinggal di Banyuwangi Jawa Timur...saya sudah mendowload formulir untuk donor kornea mata saya.dan sudah saya isi dan ditanda tangani oleh ibu saya.pertanyaan saya : " Apakah rumah sakit umum bisa membantu? " Terima Kasih

    No hp saya 082-240-727-242

    BalasHapus
  38. Dear Mas Bagus Surya Purnama, terima kasih suda berkenan menjadi donor mata. :) Rumah sakit umum nggak bisa membantu. Mungkin di Banyuwangi ada bank mata seperti RS AINI yang di Jakarta. Ini mungkin sala satu ujian untuk mengelitik kesungguhan kita, kalau prosesnya tak mudah, apakah niatnya masih tah goyah. Salam kenal Mas Bagus.

    BalasHapus