05 Juni 2016

Sedekah dengan Berdonor Darah


350 cc darah mampu menyambung nyawa 1-3 orang lain.
Buku enskiklopdia bilang, semua organ tubuh bisa didonorkan, misalnya jantung, ginjal, paru-paru, hati, (kornea) mata, kecuali otak. Jika semua itu terlalu seram, bagaimana kalau kita berlatih dengan mendonorkan darah? Cairan tubuh yang mampu menyambung nyawa orang lain namun belum bisa dibuat tiruannya
Di luar sana terdapat pendapat yang keliru tentang donor darah: donor darah bikin gemuk, donor darah berisiko tertular penyakit, donor darah membuat kita anemia, dan lain sebagainya. Nah, saya ingin mematahkan pendapat tersebut dengan mencoba menjadi donor darah. Bener nggak sih yang mereka bilang?
Kartu donor darah dan donor mata Bobby

Sebelum berdonor darah, kamu akan diminta mengisi  form bio data, kemudian dicek golongan darahmu apa? Hemaglobin-nya berapa? Tensimu berapa? Tidurnmu cukup atau kurang karena habis bergadang nonton bola semalam? Ada obat yang kamu minum dalam 24 jam terakhir? Ini untuk memastikan bahwa kamu sehat dan darahmu layak untuk didonorkan.

Dengan sedekah darah rutin setiap 2,5 bulan sekali, secara tak langsung kamu melakukan general cek  up. Tensi darah, hemaglobin, berat badan,dan darahmu selalu dicek, dan jika di dalam sel darahmu ditemukan bibit penyakit seperti diabetes melitus, HIV AIDS, kamu akan diberi surat pemberitahuan dari PMI sehingga kamu bisa mengobati penyakit lebih dini.  

Ada beberapa teman yang pusing sehabis berdonor darah. Tips dari saya selaku pendonor,sebelum berdonor kita harus tidur cukup, sarapan (jika donor dilakukan pada pagi hari),dan minum air putih yang banyak, sebagai pengganti cairan yang hilang dari tubuhmu. Dijamin kepalamu tidak bakalan pusing.  

Berfoto di tenda PMI, Kebun Raya Bogor

Donor darah seperti proses ganti oli pada motormu, jika kamu tidak berdonor, darahmu sejak lahir sampai meninggal dunia, darahmu menjadi "basi" karena darahmu  tidak pernah berganti, darahmu sekedar  berputar-putar saja di pembuluh darah, dengan berdonor darah, maka setiap 2,5 bulan kamu memiliki darah muda, darah baru yang segar.

Tahukah kamu bahwa darah yang kamu sumbangkan sebanyak 350 cc itu, mampu menolong 1-3 orang ? Manfaat lainnya menjadi donor darah adalah dengan berdonor, kekentalan zat besi darahmu berkurang, dan kamu terhindar dari dari penyakit jantung dan stoke. 


Piagam penghargaan bagi donor darah

Berdonor darah membuat kamu jadi pahlawan. Jika kamu menyelamatkan seorang pasien anak, artinya kamu menghindari seorang ayah, seorang ibu, seorang nenek dari kesedihan kehilangan orang yang mereka cintai. Meskipun kematian tidak bisa bergeser sejengkalpun, setidaknya kamu sudah berjuang membantu mereka untuk sembuh. 

Sebagai bagian dari pelayanan donor darah, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama dengan pemerintah menganugerahkan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada 893 donor darah sukarela (DDS) yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 100 kali. Acara penganugerahan berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jum’at (18/12/2016)


Beberapa anak yang terkena penyakit leukeumia (kanker darah) harus rutin melakukan cuci darah setiap bulannya, poster anak-anak lucu ini terpajang di mading PMI Kota Bogor tempat saya rutin berdonor darah. Umur mereka antara 8- 12 tahun, sedih sekali jika di bawah poster mereka terdapat tulisan, adik ini telah meninggal dunia. 


Tugas Pelayanan Kesehatan di Kebun Raya Bogor
Donor darah hanyalah salah satu bidang kerelawanan di PMI, selain itu PMI juga memiliki bidang kerelawanan lain yaitu KSR (Korps Sukarela), 17 – 35 tahun, dan TSR (Tenaga Sukarela), 35 – 55 tahun.  KSR beranggotakan anak-anak muda yang peduli, sedangkan TSR beranggotakan profesional paruh baya yang meluangkan waktunya untuk membantu sesama, di manapun dan siapapun Anda, bisa bergabung menjadi anggota relawan PMI, asalkan punya waktu luang dan memiliki semangat menolong orang lain.

Sejak bulan Juli 2015, saya bergabung menjadi anggota KSR (relawan PMI), setelah kami mengikuti pendidikan latihan  (DIKLAT) 120 jam di kelas, dan praktik lapangan, serta praktik forensik, kami diperkenankan  membantu program kerja PMI.  Tugas pertama yang saya lakukan adalah tugas pelayanan kesehatan (petugas pertolongan pertama) di Kebun Raya Bogor, ya kami melakukan pertolongan pertama jika ada korban yang sakit atau terluka di Kebun Raya Bogor.

Tugas Pelayanan Kesehatan di Kebun Raya Bogor

Kami bergiliran piket di posko kesehatan dalam rangka malam tahun baru, malam takbiran, idul fitri, natal, dan lain sebagainya.  Kami bertugas melakukan upaya pertolongan pertama untuk menyelamatkan jiwa korban, dan memberikan rasa nyaman dan menunjang upaya penyembuhan sebelum merujuk dan membawa korban ke klinik atau rumah sakit terdekat.  Kami bergabung dengan teman-teman lain seperti perawat, polisi, dokter yang tetap betugas sementara orang lain berhari raya.



Dengan menjadi relawan PMI, kita bisa menjadi pensil untuk melukis kebahagiaan orang lain, atau menjadi penghapus air mata orang lain.  Kegiatan menolong orang lain ini akan membuat hidupmu seimbang, hidup membosankan jika diisi kerja melulu. Selamat bergembira dan berfoya-foya berbuat baik ya teman-teman.

Salam Kemanusiaan
Bobby Prabawa

Sumber gambar:


Kantong darah : http://mrseru.com/media/old/84/5a/845a0f5f16a816b03fbce074a80e51a5_670x.jpg
Anugrah Satya Lencana, http://pmidkijakarta.or.id/images/berita/dds100x2.jpg
 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar