02 Maret 2015

Resensi : Membangun Mimpi di Terminal Hujan


Judul Buku      : Terminal Hujan
Penulis            : @hQZou (Haqi Fadillah)
Penerbit           : de Teens, Yogyakarta
Cetakan           : I, Februari 2015
Tebal               : 228  halaman
ISBN               : 978-602-255-810-1
Harga              : Rp 38.000

Bagi pembeli pre-order novel Terminal Hujan dari tanggal 2 -8  Maret 2015 mendapatkan discount 20%. Silahkah hubungi penulisnya langsung.  Haqi Fadillah @hQZou : 0838 700 90833, haqizoufadillah@gmail.com, @terminalhujan

Tidak banyak penulis novel fiksi yang berani berimprovisasi dengan keluar dari tema romansa dalam karyanya. Namun lain halnya dengan penulis muda yang satu ini.

Haqi Fadillah, pria 24 tahun kelahiran kota hujan ini justru mengangkat isu sosial dan pendidikan sebagai tema utama penulisan novel terbarunya berjudul "Terminal Hujan, Simfoni Pelangi dalam Mimpi dan Cinta". Namun demikian, bukan berarti ia tidak mensisipi unsur romansa dalam kisah fiksinya itu

Dalam novel fiksi setebal 228 halaman itu, Haqi mengangkat kisah soal dua tokoh utama, yakni seorang gadis muda bernama Valesia yang baru menyelesaikan pendidikan tingginya dan Farah, seorang gadis cilik dengan mimpi besar yang diam-diam berjuang untuk membahagiakan ayahnya.

Hidup Valesia, gadis yang dikarakterkan memiliki jiwa sosial tinggi, berubah ketika hatinya saat melihat seorang anak di ikon utama kota Bogor, Tugu Kujang yang tak lain adalah Farah.

Valesia pun kemudian memilih untuk aktif menjadi aktivis pendidikan. Namun menjadi aktivis pendidikan ternyata tidak semudah yang ia kira. Ada banyak hambatan yang menghalangi jalannya.

"Kisah ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya ketika mengajar di Terminal Hujan," kata Haqi ketika dihubungi beberapa saat lalu (Selasa, 3/3).

Terminal Hujan itu sendiri, jelas Haqi, merupakan komunitas pendidikan yang peduli terhadap pendidikan di daerah bantaran sungai Ciliwung, tepatnya di belakang terminal Baranang Siang Bogor. Komunitas yang digawangi oleh anak-anak muda itu sendiri membantu anak-anak untuk lebih kreatif dan giat belajar.

Melalui karya terbarunya, Haqi yang aktif di media sosial twitter dengan akun @hQZou itu berharap agar ada lebih banyak anak muda yang peduli dengan keadaan sekitarnya.

Untuk teman-teman yang tertarik bergabung atau melihat aktivitas @terminalhujan, silahkan datang ke sekolah alam kami, letaknya di Jl. Riau No. 13, Baranangsiang Bogor (teras kantor kelurahan Baranangsiang Bogor – di belakang Terminal Baranangsiang, Bogor). Kami bermain dan belajar setiap hari Minggu, mulai pukul 09.00 – 12.00. Sampai ketemu di Terminal Hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar