16 Desember 2014

Menemukan Black Swan dalam Hidup Anda


Tulisan berjudul menemukan Black Swan dalam Hidup Anda ini membahas mengenai Black Swan. Dalil Black Swan dikemukakan pertama kali oleh Karl Raimund Popper dalam filsafatnya yang menyatakan hanya diperlukan satu angsa hitam untuk mengugurkan pernyataan bahwa semua angsa adalah putih. 

Di dunia ini terdapat dua kelompok manusia. Pertama kelompok mereka yang biasa-biasa saja dan kedua adalah kelompok manusia yang luar biasa atau mampu mencapai kapasitas outstanding dalam kehidupan mereka. Selanjutnya kita akan melihat bahwa mereka yang luar biasa ini cukup satu orang saja , maka dia sudah mampu membuat pencapaian banyak orang yang biasa-biasa saja menjadi kerdil. 

Misalnya, Anda kumpulkan 1.000 penulis fiksi dan jumlahkan seluruh hasil penjualan buku yang pernah mereka hasilkan sepanjang hidup mereka. Cukup dengan satu orang J.K Rowling dengan satu penjualan buku Harry Potter–nya , maka angka pencapaian 1.000 penulis fiksi tersebut seketika menjadi kerdil. Terkalahkan dengan telak. 

Tulisan JK Rowling dalam Harry Potter-nya  pada awalnya dipandang sebelah mata oleh penerbit. Rowling dipecat dari perusahaan tempatnya bekerja karena terlalu sibuk mengkhayal dan menulis cerita Harry Potter di tengah rapat atau pada jam kerja.  Rowling sebelumnya sama sekali tak punya reputasi sebagai penulis. Kemunculannya ibarat seekor angsa hitam yang mematahkan keyakinan bahwa semua angsa berwarna putih.  Lalu bagaimana dengan Anda, memilih jadi angsa putih atau angsa hitam ?

Sumber gambar :

http://www.berani.co.id/news/15/1003630/Berita-Luar-Negeri/Angsa%20yang%20Tersesat/9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar