03 Desember 2014

Hugh Hefner, Lelaki Gatal yang Cerdik


Hugh Hefner bersama foto Marlyn Monroe
Hugh Hefner memang lelaki gatal. Setelah dia memperoleh klise foto telanjang Marlyn Monroe diam-diam dia menyusun strategi demi mewujudkan impiannya menerbitkan majalah yang diyakini pasti dirindukan banyak laki-laki. 

Tanpa modal tapi punya ambisi, maka dia memasang iklan untuk mengumpulkan uang dari calon pelanggan majalahnya. Tentu saja foto Maryin Monroe yang dijamin syur tersebut diagung-agungkan dalam iklan. Ternyata, pria yang gatal  di seantero Amerika Serikat saat itu banyak sekali. Maka terbitlah playboy dengan mulus dan berjaya hingga kini. Tak ada pelanggan yang kecewa apalagi menyesal. 

Orang pintar di televisi dan buku-buku bilang, “Modal (uang) bukanlah segala-galanya.” Tetapi realistis saja, pada zaman sekarang usaha halal apa yang bisa dimulai hanya dengan mengoyangkan dengkul? Darimana datangnya  modal? Pertama modal dari orang tua atau mertua, karena manusia bukan kera, kekayaan diwariskan dari generasi ke generasi. Kedua modal diperoleh dari hasil meminjam ke tetangga atau bank. Meski berisiko meminjam untuk modal usaha adalah wajar-wajar saja. Ketiga modal ditarik dari masyarakat dengan ngawur dan untung-untungan. Misalnya : "Ayo investasikan dana Anda untuk mengembangbiakkan ayam bertelur emas di planet Mars."

Betapa pun kecilnya dan apa pun bentuknya, segala sesuatu yang kita gunakan untuk memulai bisnis disebut modal. Bill Gates, memulai usaha Microsoft dengan berkantor di garasi rumahnya, berbekal uang dua ratus dolar, dan isi kepala penuh. Itulah modalnya. Duitnya memang sedikit tapi ide di kepalanya yang harganya tak bisa dinilai dengan angka-angka. 

Sekarang bisnis apa pun menjanjikan undian. Menabung bisa menang undian, beli kopi sachet seribu bisa menang undian mobil BMW, belanja pakai kartu kredit bisa menang VW Kodok, bahkan makan es krim sampai sariawan bisa menang undian jalan-jalan (catat: kalau beruntung). Para penjual mengelitik semangat orang malas yang ingin cepat kaya lewat undian. 

Sumber foto :
http://www.zimbio.com/pictures/PFzvWq1FPQh/Cannes+Playboys+Hugh+Heftner+Celebrates+80th/XGBo3R2deZw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar