Sebelum head hunter memutuskan
mengontak Anda, ia sudah menelisik sepak terjang Anda. Nah, supaya sepak terjang
Anda mudah diamati para head hunter, inilah beberapa caranya. Catatan ini
diambil dari blognya Haryo (suryosumarto.com).
1. Kirim
CV ke Head Hunter
Bukan jaminan
bahwa kita akan dihubungi dalam waktu dekat, yang penting data kita, sudah di
tangan mereka. Prinsipnya kirim lalu lupakan. Yang jelas, kemungkinannya CV
kita akan dimasukkan ke dalam database untuk referensi di waktu yang akan
datang. Head hunter yang populer di indonesia
antara lain : jobstreet.com, jobdb.com, karir.com, yukkerja.com.
Tanyakan kepada Mbah Google dengan kata kunci headhunter Indonesia.
2. Menjalin
Jejaring dengan Headhunter
Haryo bercerita
bahwa setiap kali dia harus mencari kandidat untuk mengisi posisi lowong di
perusahaan klien, yang dilakukan pertama kali adalah mengingat-ingat siapa di
antara teman-teman atau pun orang-orang yang dia kenal yang memiliki
kualifikasi serupa dengan apa yang sedang dicari. Anda harus mulai merangkul
jejaring dengan headhunter sebelum Anda membutuhkan lowongan pekerjaan. Setiap
hari di Twiter tersedia beragam lowongan, bersahabatlah dengan admin
headhunter, agar nama Anda melekat diingatan mereka.
3. Membuat
Profil di LinkedIn
Ini sumber yang
dipercaya oleh para headhunter. Dengan membuat profil di LinkedId, lengkap
dengan riwayat pekerjaan dan informasi lainnya yang relevan, besar kemungkinan
headhunter juga akan makin medah menemukan Anda.
4. Membuat
Blog
Semua orang
bisa menjadi penulis blog. Menulis di blog bisa menjadi mata panah dalam
memasarkan diri Anda, menjalin hubungan dengan orang-orang di dunia maya. Ada
banyak blog yang diperoleh gratis, misalnya : blogspot, wordpress, atau note di
facebook. Blog dapat menjadi sarana yang mudah dan sederhana untuk menunjukkan
kualitas dan kompetensi professional Anda. Ingat salah satu keunggulan blog
adalah search engine friendly.
Seorang headhunter yang melakukan
pencarian kandidat dengan keyword
tertentu melalui mesin pencari Google bisa saja kemungkinan menemukan blog
Anda.
5. Publikasi
Positif
Tidak bisa
dibilang seratus persen mudah, tapi bila kita ahli dibidang tertentu dan
keahlian itu diakui melalui pemberitaan atau publikasi di berbagai media cetak
atau pun media elektronik, maka hal ini akan menjadi salah satu cara mudah
headhunter menghubungi Anda. Publikasikan kegiatan positif Anda lewat timeline
Twiter. Seorang tukang becak di Jogja, pernah mengoptimalkan Twiter untuk
memasarkan jasa angkutan becaknya kepada orang-orang di seluruh dunia. Jika
bapak pengayuh becak itu bisa melakukannya, saya yakin Anda pun bisa
melakukannya. Bacalah buku, majalah, Koran, dan lakukan berbagai kegiatan
positif agar kepala Anda hamil ide, dengan begitu Anda bisa menuliskan
kalimat-kalimat yang berguna di timeline Twiter Anda. Apa pun yang terjadi
jangan mengeluh di media social: mengeluh mengenai pekerjaan, mengluh mengenai
rekan kerja, atau mengeluh mengenai atasan. Mengeluh membuat Anda tampak lemah
dan tidak bertanggungjawab. Tuliskan saya sesuatu yang positif. Penuhilah
timeline Twiter Anda dengan kata-kata B.I.R (Benefit), (Interactif), dan
(Repeat). Selamat berjuang.
Referensi :
Intisari, edisi
Mei 2014.
suryosumarto.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar