21 Desember 2014

5 Jurus Agar Ditangkap Head Hunter

Sebelum head hunter memutuskan mengontak Anda, ia sudah menelisik sepak terjang Anda. Nah, supaya sepak terjang Anda mudah diamati para head hunter, inilah beberapa caranya. Catatan ini diambil dari blognya Haryo (suryosumarto.com).

      1.   Kirim CV ke Head Hunter
Bukan jaminan bahwa kita akan dihubungi dalam waktu dekat, yang penting data kita, sudah di tangan mereka. Prinsipnya kirim lalu lupakan. Yang jelas, kemungkinannya CV kita akan dimasukkan ke dalam database untuk referensi di waktu yang akan datang. Head hunter yang populer di indonesia  antara lain : jobstreet.com, jobdb.com, karir.com, yukkerja.com. Tanyakan kepada Mbah Google dengan kata kunci headhunter Indonesia. 

      2. Menjalin Jejaring dengan Headhunter
Haryo bercerita bahwa setiap kali dia harus mencari kandidat untuk mengisi posisi lowong di perusahaan klien, yang dilakukan pertama kali adalah mengingat-ingat siapa di antara teman-teman atau pun orang-orang yang dia kenal yang memiliki kualifikasi serupa dengan apa yang sedang dicari. Anda harus mulai merangkul jejaring dengan headhunter sebelum Anda membutuhkan lowongan pekerjaan. Setiap hari di Twiter tersedia beragam lowongan, bersahabatlah dengan admin headhunter, agar nama Anda melekat diingatan mereka. 

      3.  Membuat Profil di LinkedIn
Ini sumber yang dipercaya oleh para headhunter. Dengan membuat profil di LinkedId, lengkap dengan riwayat pekerjaan dan informasi lainnya yang relevan, besar kemungkinan headhunter juga akan makin medah menemukan Anda.
      
      4.   Membuat Blog
Semua orang bisa menjadi penulis blog. Menulis di blog bisa menjadi mata panah dalam memasarkan diri Anda, menjalin hubungan dengan orang-orang di dunia maya. Ada banyak blog yang diperoleh gratis, misalnya : blogspot, wordpress, atau note di facebook. Blog dapat menjadi sarana yang mudah dan sederhana untuk menunjukkan kualitas dan kompetensi professional Anda. Ingat salah satu keunggulan blog adalah search engine friendly. Seorang headhunter yang melakukan pencarian kandidat dengan keyword tertentu melalui mesin pencari Google bisa saja kemungkinan menemukan blog Anda.
       
      5.  Publikasi Positif
Tidak bisa dibilang seratus persen mudah, tapi bila kita ahli dibidang tertentu dan keahlian itu diakui melalui pemberitaan atau publikasi di berbagai media cetak atau pun media elektronik, maka hal ini akan menjadi salah satu cara mudah headhunter menghubungi Anda. Publikasikan kegiatan positif Anda lewat timeline Twiter. Seorang tukang becak di Jogja, pernah mengoptimalkan Twiter untuk memasarkan jasa angkutan becaknya kepada orang-orang di seluruh dunia. Jika bapak pengayuh becak itu bisa melakukannya, saya yakin Anda pun bisa melakukannya. Bacalah buku, majalah, Koran, dan lakukan berbagai kegiatan positif agar kepala Anda hamil ide, dengan begitu Anda bisa menuliskan kalimat-kalimat yang berguna di timeline Twiter Anda. Apa pun yang terjadi jangan mengeluh di media social: mengeluh mengenai pekerjaan, mengluh mengenai rekan kerja, atau mengeluh mengenai atasan. Mengeluh membuat Anda tampak lemah dan tidak bertanggungjawab. Tuliskan saya sesuatu yang positif. Penuhilah timeline Twiter Anda dengan kata-kata B.I.R (Benefit), (Interactif), dan (Repeat). Selamat berjuang.

Referensi :
Intisari, edisi Mei 2014.
suryosumarto.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar