18 Agustus 2013

Manfaat Terbaik Donor Darah

Pada donor darah yang 36 kalinya, di bank darah PMI, Bogor- Indraprasta, saya menemukan potret para penerima darah di mading ruang tunggu. Salah satunya : Kinanti Ayudia Rahman (5). Penderita thalassamia. Gadis kecil itu harus cuci darah setiap dua minggu sekali. (Duh, kamu seusia Queency Nak.:)
Bagi teman-teman yang belum berdonor atau sudah berdonor inilah manfaat yang Anda peroleh menjadi donor darah:
  1.  Sebelum darah diambil, kondisi kesehatan pendonor diperiksa. Ada pemeriksaan yang harus dilalui yaitu pemeriksaan tekanan darah, hemaglobin (min 14), dan berat badan. Kemudian dikonfirmasi: Apakah dalam 3 hari Anda mengkonsumsi obat? Apakah tidur Anda cukup? Nah, dengan begitu pendonor termotivasi untuk selalu menjaga kesehatan agar tetap bisa menolong orang lain lewat donor darah (minimal 3 bulan berikutnya).  
  2. Cek kesehatan gratis.
  3. Mengurangi risiko penyakit jantung.
  4. Mendapat hadiah berupa mie instan, susu, dan biscuit.
  5. Satu langkah kecil dan keberanian Anda melawan ketakutan ditusuk jarum akan menolong hidup seseorang hingga bertahun-tahun sesudahnya.
  6. 1 kantong darah (300 cc) mampu menyelamatkan 3 nyawa orang.
  7. Tidak hanya menyelamatkan seseorang tetapi membuat keluarga penerima donor juga tersenyum lega. Membuat ayah batal kehilangan anaknya, atau membuat seorang anak batal menjadi yatim.
  8. Selain darah, semua organ tubuh juga bisa didonorkan misalnya : ginjal, kornea mata, jantung, hati, kecuali otak. Untuk langkah awal belajarlah menolong orang lewat donor darah.   
  9. Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar