10 Februari 2013

Cinta dalam Sebungkus Nasi


Menabung (MEmbagikan NAsi BUNGkus)
Aksi kelima (Sabtu, 9/2/2013) MENABUNG (MEmbagikan NAsi BUNGkus) dari komunitas @berbaginasiBgr berhasil mengumpulkan amunisi 310 nasi bungkus, 22 pejuang nasi. Doakan kami konsisten berjuang membagikan nasi ya, sahabat.  

Ya setiap malam minggu, saya dan teman-teman @berbaginasiBgr berkumpul pukul 21.00 WIB di parkiran KFC Tugu Kujang, Bogor.  Mengumpulkan sedekah nasi bungkus dari siapapun yang peduli dengan nasib anak-anak jalanan, dan kaum papa yang berumah di emperan toko, tidur beralaskan koran, dan berselimut karung.

Malam itu (9/2/2013) ke 310 nasi bungkus kami bagikan ke berbagai tempat dengan bantuan 3 mobil. Daerah yang kami telusuri adalah: Pasar Anyar, Air Mancur, Jembatan Merah, Bangbarung - Indraprasta, Empang, Jl Juanda, Bondongan, Jalan Baru, dll. Kami  memulai aksi dari pukul 22.00 s/d 01.00 WIB. Membagikan nasi bungkus untuk anak-anak jalanan, manusia gerobak, pemulung, dll.

Di daerah Indraprasta, wilayah dengan deretan rumah-rumah bagus, kami menemukan sebuah keluarga yang berumah di dekat bak sampah. Ukuran rumahnya 3 x 3 m, berjarak 4 meter dari bak sampah (besar) di Indraprasta. Bagaimana mungkin mereka bisa berumah di sana? Dengan bau sampah yang menyengat. Dua menit saja Anda berdiri di sana, sudah pasti menutup hidung. Barangkali mereka tak punya pilihan, jadi terpaksa berumah di dekat bak sampah.

Di Empang, kami juga banyak menemukan nenek-nenek yang tidur di emperan toko. Berselimut karung beras didinginnya udara Bogor yang tak ramah. Sepengetahuan saya, empang itu banyak habib, setiap ada acara maulid macet akibat perayaan hari ulang tahun Nabi Muhammad SAW. Pertanyaannya, kok mereka masih bisa tidur nyenyak walaupun banyak gelandangan kelaparan dan tidur di emperan toko? Bukankah ada hadis favorit Nabi Muhammad SAW yang menyatakan : “Tak sempurna iman seseorang, sebelum ia mencintai tetangganya seperti ia mencintai dirinya sendiri.” Tetangga itu berupa kaum papa yang tidur bergelimpangan di emperan-emperan toko.

Baiklah, saya cukupkan cerita saya tentang berbagi nasi. Jika Anda tertarik, MENABUNG (Membagikan Nasi Bungkus) silahkan datang setiap Sabtu, pukul 21.00 s/d selesai, di parkiran KFC Tugu Kujang, Bogor. Ikut kelayapan malam-malam berbagi nasi dengan kami, buatlah malam minggu Anda lebih bermakna.

Bobby Prabawa
@bobby_prabawa
0812-1946-6579 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar