29 Januari 2013

Kisah Seorang Gadis Kecil


Nurulita Rachma Budi Utami

Ia yang menangis menitikkan air mata
Ketika nasib tak lagi berpihak padanya
Baju lusuh dan kaki telanjang melangkah
Terseok di antara garangnya kehidupan

Matanya bening menatap asa
Aku ingin sekolah memegang pena
Bukan jalanan berdebu rumahku
Aku ingin menjadi pintar

Siapa yang peduli?
Hidup ini kejam!
Kau mau apa?
Tentu saja bukan mauku begini

Hiruk-pikuk jalanan dan lalu lalang kendaraan
Menjadi tempatku bermain dan belajar
Tidak sepertimu yang tinggal di rumah
Tak pernah memikirkan perut yang lapar

Sementara kau punya ayah dan ibu
Menyayangimu, memperhatikanmu
Bahkan bermain bersamamu di kala senggang
Lihatlah aku yang senantiasa bergulat

Ayah dan ibu aku tak punya
Rumahku menempati kolong jembatan
Tikus dan kecoak seringkali bersamaku
Apa kau tahu, bagaimana rasanya?

Razia....razia! aku pun tergusur dan tersungkur
Akankah hidupku menjadi lebih baik?
Katanya negeri ini cukup makmur
Tuhan, jawablah tanyaku ini

13-Jun-2012
Sumber : Kumpulan Puisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar