30 Juni 2011

Obat Sakit Gigi Termurah


Setitik lubang kecil di gigi bisa membuat rasa ngilu dan susah tidur, malas makan, kepala nyut-nyutan dan Anda menjadi tidak produktif. Cara merawat gigi adalah dengan menyikatnya 3 kali sehari atau sikat gigi sehabis makan besar, minimal berkumur-kumur untuk menghilangkan sisa makanan di mulut, karena sisa makanan di mulut akan mengundang kuman-kuman untuk melubangi gigi Anda. Jika gigi Anda sakit, pergilah ke dokter gigi, pilih saja puskesmas atau rumah sakit umum agar biayanya tidak terlalu mahal.

Sakit gigi terkadang menyerang tak terduga. Misalnya :  Anda sakit ketika sedang hamil 4 bulan, tengah malam, atau ketika Anda sedang sibuk dikejar dateline. Berikut ini cara alternatif untuk meredakan sakit gigi.

  1. Gunakan 10 Butir cengkeh; cengkeh disangrai (digoreng tanpa menggunakan minyak sayur) lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk, kemudian bubuk cengkeh tersebut dimasukkan ke dalam gigi yang berlubang lalu ditutup dengan kapas. Ada pilihan yang lebih praktis, beli saja minyak cengkeh merk kakaktua di apotik. Tuangkan minyak cengkeh ke kapas dan oleskan ke gigi yang sakit. Minyak cengkeh merk kakatua ini di apotik harganya hanya Rp 7.500,- Minyak cengkeh ini berfungsi untuk megobati sakit gigi, gusi bengkak dan membersihkan gigi dari kuman-kuman. Efek buruknya, gigi Anda menjadi keropos.

  1. Gunakan cabai hijau, potong ujung cabe sedikit, lalu dibakar. Setelah panas, tempelkan cabai tersebut pada gigi yang sakit. Efeknya pedas, dan bibir terasa bengkak, jika tak suka cabe hijau, pilih cara yang lainnya.
  1. Gunakan daun kembang sore, rebus dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc, lalu selagi hangat digunakan berkumur-kumur. 
  1. Buah belimbing wuluh (calingcing), ambil lima  buah belimbing wuluh dicuci bersih, makan dengan sedikit garam, kunyah di tempat gigi yang berlubang (sakit). 
  1. Es batu; ambil sepotong kecil es batu dan letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian tersebut, nah kini bisa Anda rasakan perlahan rasa sakit itu mulai hilangkan? Pemijatan nyaman oleh si es balok menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es balok langsung ke pusat syaraf, sehingga 60 – 90% rasa sakit yang Anda rasakan cepat menghilang. Atau pijit jari kaki di antara jempol dan telunjuk; jika yang sakit geraham kiri pijit sebelah kanan, sedangkan jika yang sakit gigi geraham kanan pijit sebelah kiri. Ini saya dapat dari seseorang yang mengetahui titik-titik akupresur.
  1. Bawang putih, rajang potong bawang putih secara  halus (1 siung), kemudian taburkan sedikit garam. Kunyah di daerah gigi yang sakit bersama sedikit garam dan tak lama kemudian rasa sakit di gigi Anda akan menghilang secara perlahan. Anda juga boleh menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang gigi Anda. Efeknya nafas Anda menjadi bau (bawang) alias tak sedap.
  1. Bawang merah, caranya sama dengan bawang putih. Bawang dirajang lalu dicampur dengan sedikit garam kemudian kunyah dibagian gigi yang sakit. Kandungan enzim dalam bawang merah dapat membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam rongga mulut.
  1. Jeruk nipis, peras sari jeruk nipis, pulaskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut juga berfungsi sebagai pereda sakit gigi Anda. Garam, caranya mudah, taburkan sedikit garam dalam segelas air hangat. Aduk sampai rata, kemudian gunakan sebagai sarana untuk berkumur-kumur. Berkumurlah setidaknya sampai Anda merasa cukup nyaman dan tak terlalu tersiksa oleh rasa sakit gigi.

Gigi adalah tulang terkuat dari tubuh manusia. Apapun mampu ia hancurkan. Tapi gigi yang jarang disikat sehabis makan akan meninggalkan sisa makanan yang dirindukan kuman-kuman. Kuman yang maha kecil itu mampu melubangi gigi Anda dan membuat Anda terjaga sepanjang malam menahan sakit (gigi). Kesembilan cara di atas mampu membunuh kuman, tapi mustahil  menambal gigi yang berlubang. Ini efektif meredakan rasa sakit gigi Anda.

Kita malas ke dokter gigi karena ongkosnya mahal dan pengobatannya tidak sekali datang kemudian selesai, melainkan berulang-ulang. Pertama gigi dibersihkan dari kuman, sesudah gigi kering dan bebas kuman seminggu kemudian baru gigi yang berlubang tersebut ditambal; beda ya dengan tukang tambal ban? Periksa dengan mencelupkan ke air, dapat lubang yang bocor, tambal dan selesai. Baiklah, selamat mencoba, rawat gigi Anda baik-baik setelah sembuh ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar