07 Juni 2011

Idblognetwork Pilar Blogger: Eksis dan Dapat Duit di Dunia Maya dengan Blogging

Jika R.A Kartini masih hidup di zaman ini, beliau pasti menjadi anggota aktif idblognetwork, atau bahkan menjadi pendiri idblognetwork berdampingan dengan blogger muda seperti Kukuh TW, Mubarika Darmayanti, dan Much. Farid.


R.A Kartini suka sekali membaca dan menulis. Detik ini blog adalah sarana yang tepat untuk menulis. Dunia dilahirkan kembali oleh orang-orang yang suka membaca dan gemar menulis. Itulah salah satu fungsi idblognetwork sebagai pilar blogger. Sebuah situs yang memacu semangat para bloger untuk rajin membaca dan menuangkan kembali lewat tulisan-tulisan di blog.


Pramoedya Ananta Toer bilang : “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah..."

Sekilas tentang Idblognetwork


Idblognetwork adalah sebuah situs yang menghubungkan antara para blogger dan pemasang iklan. Di jagat maya ini tersebar jutaan blog baik blog berbayar maupun blog gratisan, dengan tema yang beragam, bahkan seringkali setiap blog yang ada, tidak mengandung tema spesifik, misalnya blog traveling, blog cara mendidik anak, blog fotografi, blog seluk beluk ponsel, dan sebagainya. Kebanyakan blog tersebut adalah gado-gado (blog campur sari).



Konsep idblognetwork adalah mengumpulkan, mengelompokkan, kemudian menyeleksi blog-blog yang memiliki isi yang berkualitas baik, dan membuat pengunjung menjadi lebih cerdas. Setelah blog berkualitas baik tersebut terpilih, idblognetwork akan memberikan tugas review via e-mail kepada blog yang temanya sesuai dengan pemasang iklan.

Saran saya buat teman-teman blogger, buatlah blog yang enak dipandang, renyah dibaca, desainnya ramah alias tidak membuat pengunjung bosan atau bingung menelusuri isi blog Anda, dan perbaharui blog Anda secara teratur, agar para pengunjung Anda tidak kabur. Berikanlah sesuatu yang bernilai; tetapi gratis (misalnya e-book), pengunjung Anda pasti menyukai hal tersebut.

Roadblog 2011 sebagai Salam Perkenalan Idblognetwork
Roadblog adalah ajang untuk memperkenalkan idblognetwork lewat blogilicious. Kata blogilicious merupakan plesetan dari delicious (lezat). Terjemahan bebasnya blogilicious menyebarkan kegembiraan dari blogging. Ngeblog itu menyenangkan jika tahu caranya, ,seperti mengendarai motor matic dengan segala kemudahannya.
Blogicious adalah event seminar dan semi workshop yang dilangsungkan di tujuh kota yang berbeda-beda , selama 2 hari untuk mengenalkan seluk beluk blogging. Kota-kota roadblog tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Surabaya
  2. Makassar
  3. Medan
  4. Palembang
  5. Jogjakarta
  6. Bandung, dan
  7. Jakarta
Tema semi workshop yang disampaikan hari pertama adalah mensosiallisasikan tip blogging, etika, ngeblog, mobile blogging, social media, blogpreneur, dan blog monetizer. Sedangkan di hari kedua yang diseminarkan adalah design blog, SEO (Search Engine Optimize), dan security (keamanan blog). Ini sungguh menambah wawasan para blogger dalam mengelola blognya.
Kritetia Peserta Blogilicious
Ada tujuh kriteria yang harus dimiliki peserta blogilicious, salah satu kriteria yang cocok, sudah cukup menjadi alasan blogger untuk mengikuti acara ini. Tujuh kriteria tersebut adalah.
  1. Blogger sejati
  2. Bukan blogger sejati tapi suka baca blog
  3. Nggak suka ngeblog tapi suka baca blog
  4. Gak suka ngeblog tapi suka sama blogger (lho?)
  5. Kepingin punya blog
  6. Kepingin tahu lebih banyak tentang seluk beluk ngeblog
  7. Kepingin dapet uang dari ngeblog
Jika salah satu atau lebih kriteria tersebut sesuai denganmu, maka Roadblog 2011 Blogilicious adalah even yang kamu banget! Yuk, ikutan!
Harapan Sesudah Roadblog
Harapan sesudah roadblog yang menjadi cita-cita idblognetwork adalah lewat ajang ini menjadikan anak-anak muda Indonesia sebagai positif blogger, yaitu seseorang yang mampu mewartakan kejadian sehari-hari menjadi lebih menarik, berita penting, dan informasi lainnya lewat blog kepada netizen (warga internet/ warga digital).
Diharapkan peserta blogilicious jadi tergila-gila ngeblog dengan cara yang benar. Bonusnya jika blog yang Anda tulis menarik, akan mengundang banyak calon pengiklan.
Tulislah perihal apapun yang paling dekat dengan kita. Pengalaman terburuk dalam hidup, kisah cinta monyet semasa SD, pengalaman paling lucu, dan sebagainya. "Pengalaman yang biasa-biasa saja kalau ditulis dengan kepekaan artistik, bukan tidak mungkin menjadi cerita yang lebih bagus." kata Seno Gumira Ajidarma.
Membuat Tulisan Jadi Duit

Jika Anda hobby menulis, punya blog pribadi entah itu blog gratisan, atau blog berbayar (dot com) bergabunglah dengan situs idblognetwork.com.

Blog Anda harus orisinil. Bukan blog yang isinya copy paste melulu (jika mengutip sebutkan sumber aslinya), bukan blog yang berisi pornografi. Kriteria blog yang diterima dapat dilihat di situs idblognetwork.

Daftarkan blog Anda segera di sini, setelah blog Anda diseleksi dan lulus uji; lalu blog Anda diterima, Anda akan mendapat tugas me-review produk sesuai permintaan pengiklan, dan honornya setara menulis sebuah opini di koran kompas (sekitar Rp 800.000 ). Waduh tawaran yang mengiurkan!

Metode Kampanye Marketing


Metode kampanye marketing yang ditawarkan kepada blogger oleh idblognetwork meliputi 4 pilihan yaitu :

1.Pay Per Action (PPA), blogger dibayar setiap kali pengunjung melakukan aksi (bertanya tentang produk, memesan produk, dan melakukan membeli secara online).
2.Pay Per Click (PPC), blogger dibayar setiap kali pengunjung melakukan klik.
3.Pay Per Post (PPP), blogger dibayar setiap kali membuat satu posting pesanan pengiklan.
4.Tweet Campaingn, blogger yang memiliki pengikut twitter di atas 500 orang diberi peluang melakukan kampanye pemasaran lewat kicauan di twitter.

Membuat Konten Blog yang Bermutu

Blog yang disukai pengunjung adalah blog yang memiliki informasi sangat banyak, gratis, isinya bermanfaat dan benar-benar dapat dipraktikkan. Bacalah buku, koran, majalah, berita online, untuk memperbaharui pengetahuan Anda, tuliskan kembali dengan bahasa Anda di blog, agar pengunjung memperoleh manfaat yang sama dengan Anda. Misalnya : Anda sedang belajar fotografi, baca buku tentang fotografi, ikuti workshopnya, pratikkan, setelah Anda sukses: bagikan tip tersebut dalam postingan blog Anda.

Renald Kasali, pernah bilang : “Pengetahuan bukan seperti (tinta) ballpoint, berkurang ketika dibagi-bagi. Pengetahuan adalah benih, semakin ditabur semakin banyak kembali."

Nah, blog adalah sarana yang tepat untuk orang-orang yang suka berbagi (pengetahuan). Tetap semangat blogging ya. Salam blogger.





17 komentar:

  1. Sandy Prayoga : Makasih udah berkunjung ya San..:)

    BalasHapus
  2. Wah saya merasa terhormat dikunjungi Mba Mubarika. Makasih...makasih...makasih mba..(sambil menundukkan kepala). :D

    BalasHapus
  3. Tergaptek.com berawal dari Ibn.


    Ibn Pilarnya aku ngeblog :).

    BalasHapus
  4. Selamat berjuang dan semoga menang.

    BalasHapus
  5. Cyber Katrox : Hatur nuhun mas...:D

    BalasHapus
  6. Tulisannya inpriratif sekali mas!!! jadi tambah semangat tuk nulis!!!

    BalasHapus
  7. wah...wah... kayaknya calon juara nich mas.... hehehehehhe :)

    BalasHapus
  8. Mas Syafir : Menulis itu menyenangkan ya, bisa mengabadikan sebuah peristiwa lucu, nyebelin, takjub dan sebagainya. Makasih Syafir udah mampir ya.

    BalasHapus
  9. Mas Muhammad Wahyudi : Hallo apa kabar Yudi. Amin, makasih doanya, salam hangat dari Bogor ya.:D

    BalasHapus
  10. semoga menang mas... semangat.. :)

    BalasHapus
  11. Rian : Pagi Rian, amin. Tetap semangat blogging ya..:D

    BalasHapus
  12. wah ikutan lomba semi seo idblognetwork ya ,.??
    good luck ya ,.!!
    kalo artikelnya sebagus ini saya yakin anda pasti bisa menang samsung galaxy tab.
    salam IBNers

    BalasHapus
  13. Brogilicious Van Bandung : Amin, makasih sudah berkunjung ya. Salam blogger.

    BalasHapus
  14. mantap infonya gan
    di tunggu kunjungan baliknya http://firecybernet.blogspot.com/

    BalasHapus