11 Maret 2011

Di Manakah Letak Dunia Pendidikanku?

Karya: Ady Azzumar

Setiap waktuku
adalah zaman yang tak banyak orang butuh

Setiap nafasku
adalah pendidikan tak bermutu

Aku bodoh
hidup tak sekolah
terbebani karena biaya

Aku lelah
hidup tak pernah sejahtera
ekonomi begitu lemah


Aku ingin pendidikanku maju
hanya asa dalam pasrah;
jangankan wajib sembilan tahun
TK pun aku tak sempat mencicipi

Aku adalah…
gadis mungil bermangkuk kecil
mengharap receh dari uluran tangan
saat peluh menetes di dahi
mentari kian menyengat
seakan tak mau lagi bersahabat

Ayahku telah wafat
ketika aku masih dalam rahim

Ayahku telah wafat!
bukan harta, tapi kemelaratan yang ia wariskan
di manakah letak dunia pendidikanku?

22 Maret 2008, dimuat diharian berita pagi
(Guru, Penulis, dan Creator Group FB Rumah Puisi)


1 komentar: