21 Februari 2010

Belajar Membuat Yogurt


Yogurt adalah susu yang ditambah bakteri lactic dan difermentasikan sehingga rasanya agak asam. Dapat dibeli di gerai susu di pasar swalayan. Simpan selalu yogurt dalam lemari pendingin untuk menjaga mutunya dan harus habis sekali pakai karena yoghurt tidak tahan lama setelah kemasannya dibuka.

Minuman yogurt sangat baik untuk perut yang tidak "beres" (susah buang air besar atau sembelit).


Kata yoghurt berasal dari bahasa Turki "yogurt" yang berarti adonan kental. Yoghurt terbuat dari susu dan sangat bergizi. Rasanya yang asam disebabkan oleh gula susu yang bernama laktosa diubah menjadi asam laktat oleh bakteri-bakteri baik yang ditambahkan ke dalamnya.


Hari ini Queency dan teman-teman kecilnya, belajar membuat yogurt. Kalian ingin tahu bagaimana cara membuat yogurt. Inilah cara membuat yogurt.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat yogurt antara lain adalah:


1. masker (sekali pakai, dapatkan di apotik terdekat),
2. gelas ukur dengan ukuran 1.000 cc (1 liter)
3. bakteri laktobasilus atau sebotol "ukuran sedang" yogurt yang sudah jadi (ini lebih aman daripada kita membeli bakteri di toko kimia),
4. kotak penyimpan air hangat ukuran besar (termos),
5. sendok makan atau sendok kayu untuk mengaduk adonan,
6. cairan gula yang telah dimasak,
7. penambah rasa "essense" (stawberry, coklat atau sesuai selera)
8. stoples tempat "bakal yogurt = susu sapi + bakteri"

Cara pembuatan adonan yogurt:
1. Cuci tangan pakai sabun dan gunakan masker ketika membuat yogurt, alat-alat dan tangan kita harus steril. Dan untuk menghindarkan yogurt terkontaminasi kotoran.
2. Tuangkan 1 liter susu sapi matang dan hangat ke dalam gelas ukur (1.000 cc).
3. Kemudian masukkan bakteri (kita dapat menggunakan bakteri dari sebotol yogurt yang sudah jadi)
4. Setelah itu aduk-aduk sampai merata.
5. Masukkan susu sapi yang telah dicampur bakteri ke dalam kotak penyimpan yang berisi air hangat (suhunya antara 50 s.d 60 derajat celcius atau hangat-hangat kuku).
6. Jangan tutup terlalu rapat stoples susu sapi + bakteri agar yogurt yang sudah jadi tidak meluap saat tutup toples dibuka.
7. Simpan susu sapi + bakteri selama 6 jam di dalam kotak penyimpanan air hangat.
8. Tambahkan gula (gula pasir yang dipanaskan ditambah air secukupnya) atau penambah rasa strawbery, coklat, atau sesuai selera.

Selamat belajar membuat yogurt. Setelah selesai membuat yogurt, Queency dan teman-teman kecilnya membuat mozaik kertas. Mozaik kertas adalah gambar yang disusun dari potongan-potongan kecil kertas warna warni. Mozaik kertas dapat dibentuk sesuai keinginan si pembuat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar