12 Juni 2011

Insto Moist Atasi Mata Merah

Mitos orang tentang mata merah adalah obati mata yang sehat agar tak tertular, kenyataannya adalah: "Jangan obati mata yang sehat dengan obat tetes mata, karena obat tetes mata kemungkinan telah tercemar bibit penyakit." (Sehat Itu Murah, Dr. Handrawan Nadesul, hal 219)

Saran saya, gunakan insto moist. Cairan ini selembut air mata. Ideal mengatasi gejala kekeringan pada mata dan meringankan iritasi akibat mata kering, karena kekurangan produksi air mata.



Sudahkah Kita Merawat Mata?

Seringkali saya temukan beberapa anak yang berseragam merah putih, sudah mengenakan kacamata. Pertanyaannya, sudah benarkah kita merawat mata? Padahal, lirik lagu anak : selalu mendendangkan : kurang vitamin A kau buta senja, makan saja buah dan sayur-sayuran. Selain pandai menyanyikan liriknya kita juga harus mematuhi saran tersebut untuk membuat mata kita tetap sehat.

Cara merawat mata agar tetap sehat adalah sebagai berikut.

1. Jarak baca minimal 30 cm dengan lampu penerangan minimal 60 Watt.
2. Hindari membaca sambil tidur-tiduran.
3. Hindari membaca terlalu lama, ini menyebabkan mata lelah.
4. Konsumsi ikan, buah-buahan dan sayur-mayur yang mengandung vitamin A.
5. Hindari terlalu lama bekerja di komputer (gunakan filter anti radiasi pada layar monitor).
6. Jarak menonton televisi adalah 5 X ukuran diagonal layar televisi.
7. Hindari main game dengan TV besar dan jarak dekat.
8. Terlalu banyak nonton film di bioskop (layar lebar).
9. Lindungi mata dari guyuran debu atau pasir.
10. Jangan memegang atau menyentuh bola mata, ini menyebabkan bintit.
11. Gunakan saputangan atau tissu untuk mengusap mata.


Seluk Beluk Penyakit Mata Merah


Penyakit mata merah alias belekan sering mewabah di beberapa daerah. Pangkal sebabnya cukup jelas : virus. Kalau hanya virus memang tidak apa-apa.Tapi ketika virus menyerang seseorang yang sedang lemah, kondisi fisiknya, maka infeksinya akan berbahaya karena ditunggangi kuman.



Gara-gara ditunggangi kuman, penyakit mata merah menjadi bengkak, merah membara, disertai rasa nyeri pada bola mata. Ketika menjadi infeksi, produksi tahi
mata (belek) bertambah. Saat bangun tidur, penderita bahkan sulit membuka matanya. Banyak kotoran di seputar tepi kelopak mata. Proses ini berlangsung cepat, menyebabkan penglihatan kabur dan terasa ada ganjalan di bola mata.


Penyakit mata merah sangat menular. Semua alat yang dipakai dan menyentuh mata seperti kacamata, sapu tangan, handuk, lensa kontak, perias mata, menjadi sumber penular. Tanpa sadar penularan bisa berlangsung lewat jemari tangan yang sudah tercemar kuman atau virus.


Orang yang pekerjaannya banyak memegang uang, misalnya kasir, mudah tertular infeksi mata. Kalau salah seorang anggota keluarga ada yang terkena penyakit ini, maka anggota lain dalam keluarga mudah terkena. Agar anggota keluarga atau orang lain terhindar dari penyakit mata merah, orang yang terkena penyakit mata merah harus menggunakan kacamata hitam dan tidak memaksakan diri masuk ke kantor untuk bekerja.

Virus penyakit mata merah ini bertebaran di udara dan siap hinggap di tempat-tempat keramaian, seperti terminal, bioskop, dan sekolah atau kantor. Selain menambah buruk kondisi penyakit mata merahnya, orang yang berpenyakit mata merah juga membahayakan (menularkan kepada) orang sekitarnya, sekalipun sudah
berkacamata hitam.


Cara Atasi Mata Merah

Inilah beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk mengobati mata merah, yaitu


1. Teteskan mata yang sakit dengan insto moist, perhatikan jangan obati mata yang sehat dengan obat tetes mata.

2. Usaplah atau bersihkan mata dengan kassa steril, tissu atau saputangan, jangan menggunakan tangan Anda yang tidak steril.

3. Gunakan obat tetes mata insto moist hanya satu kali periode sakit aja, sebab obat tetes mata yang telah dipakai kemungkinan sudah tercemar bibit penyakit.

4. Pilihan pengobatan lainnya adalah dengan menggunakan pembersih mata, gunakan larutan pembersih mata (jika mata Anda kelilipan debu dan mata merah) .
Obat pembersih mata ini reaksinya cepat untuk menghilangkan mata merah.

5. Atasi mata merah secara alami dengan merebus 6 lembar daun sirih sampai mendidih, tiriskan. Setelah dingin gunakan air rendaman daun sirih untuk mencuci mata.

6. ASI (Air Susu Ibu) juga dapat digunakan sebagai obat tetes mata-jika balita yang terkena sakit mata (mata merah).

Istirahatlah yang cukup, terkadang mata merah terjadi akibat kelelahan. Tidur ketika sudah mengantuk, jangan ganjal mata dengan secangkir kopi pahit. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Dari berbagai sumber



9 komentar:

  1. Pertamax :D


    Baru tau ASI bisa jadi obat mata..
    thanks infonya :)

    BalasHapus
  2. Betul Bang Fadli, buat orang dewasa yang sakit mata ASI juga bisa dipakai sebagai alternatif...:D

    BalasHapus
  3. bagus tipsnya terima kasih. mata saya semakin merah nih

    BalasHapus
  4. tks infonya sangat bermanfaat sekali.ne aku dan bayiku juga belekan.

    BalasHapus
  5. Kalo merahnya cman di ujung sblh dalam,tetap bsa pke sirih/insto

    BalasHapus
  6. moga cepet sembuh ni mata.. makasih saran nya :)

    BalasHapus
  7. trimakasih infox gan..

    http://www.ramuanku.com/products.php?cid=12

    BalasHapus