19 November 2009

7 Pintu Rejeki bagi Karyawan

Ketika harapan seseorang dikurangi hingga titik nol, dia akan sungguh-sungguh mengapresiasikan semua yang dia miliki saat ini. (Stephen Hawking)

Masalah yang paling sering ditemui orang gajian adalah uang gaji habis dalam 2 minggu. Ini terjadi karena ketidakseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran, uang Anda terbakar inflasi, atau disergap kebutuhan yang mustahil dihindari. Dalam artikel ini saya akan berbagi tips mengatasi hal tersebut. 7 pintu rejeki bagi karyawan adalah sebagai berikut.


1. Setiap kali menerima gaji, pisahkan uang dalam amplop-amplop tertentu. Misalnya : amplop utang, amplop pengeluaran rutin, amplop pengeluaran wajib, amplop tabungan, amplop biaya masa kini, amplop biaya tak terduga, dan sebagainya.


2.Menabunglah diawal bulan, anggaplah tabungan sebagai pengeluaran rutin, untuk mempersiapkan hal-hal yang tak terduga.


3. Membeli barang-barang tersier secara kredit. Pembelian secara kredit segi positifnya adalah kita tak perlu menabung lama untuk barang yang kita idam-idamkan dan membeli barang secara mencicil tidak akan mengganggu uang dapur.


4.Maksimalkan harta Anda. Motor yang Anda pakai ke kantor bisa disewakan ke tukang ojeg daripada motor tersebut menganggur, sewakan teras rumah Anda untuk TIKI, JNE, Calistung, penyewaan buku bacaan, atau sewakan kamar yang kosong di rumah Anda.


5.Maksimalkan waktu luang Anda. Anda bisa menerima les privat, menjadi penulis, menjadi blogger, dan sebagainya.


6.Bikin arisan di antara teman-teman Anda, dan


7.Bawa bekal makan siang sendiri dari rumah.


Mulailah dari sesuatu yang Anda kuasai. Selamat berjuang, Tuhan mencintai orang-orang yang kreatif.



1 komentar: