08 Februari 2015

Jurnalis Mengajar di @terminalhujan

Pagi ini 8/02/2015 ada perayaan hari pers nasional di sekolah alam @terminalhujan. Kakak-kakak jurnalis dari Radar Bogor, Merdeka, Antara, dan KompasTV, berbagi ilmu jurnalistik. Mereka mengajarkan tentang apa itu koran, pewarta foto, kamera person dan reporter.
Kak Yudi dari Koran Merdeka bilang :
”Informasi apa nama sungai di dekat rumahmu, apa perkembangan yang terjadi di kotamu, ke mana saja trayek angkot, dapat kamu temukan di koran. Adik-adik tak harus membelinya, baca saja koran di perpustakaan atau dari bekas bungkus cabe ibu. Informasi yang ada di buku pelajaran ada di koran, namun informasi yang ada di koran belum tentu ada di buku pelajaran.
Pak Usmar Hariman berjanji menghibahkan tanah bagi @terminalhujan

Wakil Wali Kota Bogor, Bapak Usmar Hariman berjanji untuk menghibahkan lahan bagi komunitas @terminalhujan. Kabar ini disambut gembira oleh kami, para relawan dan adik-adik @terminalhujan. Harapan kami lahannya tidak jauh dari terminal ini Pak, misalnya di lapangan bola dekat jembatan itu...demi kenyamanan belajar adik-adik @terminalhujan. 

Kak Widi mengajarkan tentang juru foto, kamera person, dan reporter. Juru foto adalah orang yang pekerjaannya memburu foto untuk melengkapi berita, kamera person adalah orang yang tugasnya merekam peristiwa, dan reporter adalah orang yang tugasnya mewawancarai dan melaporkan sebuah peristiwa dalam sudut pandang yang objektif. Pagi itu juga dibuka sesi bermain peran sebagai kamera person dan reporter. Seorang anak memberikan pertanyaan lucu dan mengena ketika ia diberi kesempatan menjadi reporter: “Pak  Usmar gajinya berapa? Semua serempak tertawa. Wakil Wali Kota, Pak Usmar Hariman dengan santai bilang gajinya sudah disesuaikan dengan anggaran. 

Nah pada kesempatan ini Kak Haqi, sebagai ketua Komunitas @terminalhujan juga menyampaikan sedikit sambutan:

“Terminal hujan awalnya adalah sebuah lembaga yang mengajarkan keterampilan bagi ibu-ibu di sekitar terminal Baranangsiang Bogor, kemudian konsep ini berubah @terminalhujan kini mengajarkan adik-adik calistung. Anak-anak di sekitar terminal cenderung drop out, tawuran, turun ke jalan (berpotensi menjadi anak jalanan), dan hal negatif lainnya. Untuk itulah kami hadirkan @terminalhujan. Prestasi adik-adik @terminalhujan yang membanggakan adalah semifinalis olimpiade sains kuark 2012. Setiap anak mempunyai sebuah potensi yang hebat, hanya keadaanlah yang membedakan. 

Saat ini @terminalhujan akan dikembangkan dengan konsep bermain sambil belajar, pembiasaan moral yang baik, kreativitas, dan mengajarkan pelajaran sekolah secara kreatif. Temukan lingkungan yang bagus, tapi kalau tidak bisa menemukannya, ciptakanlah lingkungan yang bagus. Maka lahirlah @terminalhujan.

Bingkisan dari forum wartawan Bogor diterima Kak Tomy

Jika kakak-kakak ada yang tertarik menjadi relawan, silahkan datang bergembira untuk bermain dan belajar bersama kami, setiap hari Minggu, mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB. Kami bertempat di Kantor Kelurahan Baranangsiang, Jl. Riau No. 13. Sampai ketemu di @terminalhujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar