05 Desember 2013

Syarat Masuk SD

Jurus Pintar Masuk SD
Banyak orang tua menganggap selembar ijazah TK dan sejenisnya merupakan syarat mutlak masuk sekolah dasar? Benarkah?

SD  atau sekolah dasar adalah jenjang terendah dan terlama (6 tahun) untuk pendidikan formal di Indonesia. Pada jenjang ini peserta didik pertama kali belajar membaca, menulis, dan berhitung.

Untuk memasuki SD ada beberapa hal yang wajib dipenuhi, yaitu 
  1. Memiliki SKTB TK (Surat Keterangan Tamat Belajar Taman Kanak-Kanak). Ini berlaku pada SD tertentu.
  2. Pada bulan Juli 2014 telah berusia 6 tahun.
  3. Jika umur anak di bawah 6 tahun wajib menyertakan surat keterangan dari psikolog tentang kesiapan mental si anak masuk SD.
  4.  Memiliki akte kelahiran
  5. Memiliki KK (Kartu Keluarga)

Jurus Pintar Masuk SD
Mempersiapkan anak sebelum masuk SD adalah tugas orang tua, Untuk itu orang tua perlu menyiapkan bahan-bahan pelajaran untuk anak di rumah. Saya menemukan buku Jurus Pintar Masuk SD, buku ini memuat  soal-soal latihan jitu yang dapat dikerjakan anak di rumah. Buku ini membantu anak Anda mengenali dan mengasah kemampuan yang dimilikinya.  Buku ini terbitan dari Penerbit Gurita, penulisnya : Syerif Nurhakim, 32 halaman, full colour. Harga Rp 19.900.

Buku ini disusun berdasarkan kurikulum yang digunakan di Taman Kanak-Kanak. Soal-soal dalam buku ini sangat bervariasi . Soal-soal tersebut terdiri dari : kognitif, berbahasa, fisik motorik, moral, sosial, emosional, kemandirian, seni dan keterampilan. Materi disajikan dengan gambar-gambar yang menarik dan bahasa yang mudah dipahami anak.

Kisi-Kisi Test Masuk SD
Berdasarkan penuturan Mbah Google dan hasil wawancara dengan orang tua yang sudah berpengalaman mendaftarkan anak mereka masuk SD, kisi-kisi test masuk SD tersebut adalah :
  • Test tertulis meliputi : pengenalan bilangan, pengenalan kata, ketelitian gambar, membuat gambar dari titik-titik yang saling terhubung.
  • Test wawancara meliputi : pertanyaan seputar keluarga, siapa nama ayahmu? Bekerja di mana? Siapa nama ibumu? Bekerja di mana? Di mana alamat rumahmu? Namamu siapa? Umurmu berapa tahun? Cita-citamu apa? Aspek yang dinilai adalah ketepatan menjawab, sikap anak yang komunikatif, dan berani berbicara dengan orang yang baru ia kenal.
  • Penampilan seni : keberanian menyanyi, memainkan alat musik, menari, dll. Aspek yang dinilai ekspresi, kebenanian tampil, dan vokal yang lantang.
  • Kesehatan pribadi : pendengaran, penglihatan, kejelasan berbicara, kebersihan, dan kerapihan.

Tips Memilih SD
Beberapa tips untuk memilih SD yaitu
  1. Pilihlah SD yang dekat dari rumah, dengan syarat kualitasnya harus bagus.
  2. Pilihlah  2 atau 3 SD, jika anak Anda tidak diterima pada pilihan ke 2 masih ada harapan di SD ke 3.
  3. Lakukan pendekatan awal kepada guru-guru SD pilihan anak Anda, sebagai perkenalan.
  4. Kunjungi SD tersebut agar anak Anda tidak grogi di hari pertama masuk sekolah.
  5. Ajak teman akrab  anak Anda untuk mendaftar di SD yang sama, agar ia memiliki modal “teman.”
  6.  Survey SD yang Anda pilih lebih awal (sebelum bulan Juli).
  7. Lakukan pendaftaran secara berkelompok (minimal 2 orang).
  8. Siapkan berkas-berkas dokumen dan diri Anda pada “hari H” pendaftaran, pada SD tertentu pendaftaran dibuka mulai pukul 3 dini hari.
  9. Jika berkas dan dokumen Anda sudah lengkap, dan persyaratan lain juga sudah lengkap namun Anda tetap ditolak atau dimintai “uang pelicin atau sogokan” laporkan pada kepala sekolah yang bersangkutan. 

Selamat  bersenang-senang dan berburu SD. Semoga cita-cita Anda tercapai. 

NB :
Bagi yang tertarik untuk membeli buku Jurus Pintar Masuk SD dapat dipesan lewat 0812-1946-6579 (Bobby), discount 15 %. Harga semula Rp19.900 --- menjadi Rp17.000. 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar