17 Desember 2012

9 Cara Kreatif untuk Membuat Anak Kecanduan Membaca


Membuat anak gemar membaca adalah dengan memperkenalkan kepada mereka bahwa membaca itu seru, dan menyenangkan. Katakan kepada anak-anak bahwa kamu dapat menjelajahi dunia yang maha luas hanya lewat membaca buku. 

Saya punya  9 cara kreatif yang membuat anak menjadi kecanduan membaca, yaitu :

  1. Mulailah berlangganan majalah anak sesuai usianya, misalnya : Bobo Junior, Disney, Princess, dll.
  2. Jadikanlah diri Anda teladan bahwa membaca itu menyenangkan. Sebab betapapun inginnya orang tua agar anaknya belajar menyukai membaca, anak itu hampir tidak akan melakukannya jika dia tidak pernah melihat orangtuanya membaca untuk kesenangan.
  3. Hadiahi ia buku dari toko online, sensasi menerima buku dari toko online mendekati sensasi ketika ia mendapat hadiah dari Opa Santa Clause.
  4. Ajak setiap bulan ia ke toko buku, selain ke toko mainan anak.
  5. Ajak ia main di setiap akhir pekan ke perpustakaan. Dari satu perpustakaan ke perpustakaan lainnya, kini perpustakaan menyajikan buku dan makanan ringan, seperti Kalam, Elekmedia, Taman Bacaan (Taman Topi), Perpustakaan LIA, dsb.
  6. Hiasi rumah Anda dengan rak buku cantik. Buku selain mencerdaskan dapat dijadikan dekorasi rumah yang menawan.
  7. Bacakan dongeng sebelum tidur atau kapanpun Anda punya waktu luang, 
  8. Membacakan keras-keras akan lebih berperan dalam mengubah anak-anak Anda menjadi pembaca daripada hal lain yang bisa Anda lakukan.    
  9. Pilih buku traveling, tandai tempat yang menarik ajak anak-anak ke sana. Buku adalah dunia dua dimensi…jalan-jalan adalah wisata tiga dimensi yang menyenangkan
Jika masih ada yang kurang dari kesembilan cara kreatif dalam membuat anak kecanduan membaca, silahkan Anda tambahkan lewat kolom komentar. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar