Potret, upload di fb, baru dimakan |
Orang-orang kini memotret makanannya
terlebih dahulu sebelum dimakan, lalu mengunduhnya di social media. Bagi yang
“ngiler” dan tergoda, mereka akan datang
mencoba makanan di restoran tersebut. Betapa mudahnya memasarkan produk lewat
berbagi foto di social media. Anda pernah mencobanya?
Pernah dengar
kisah seorang tukang becak yang sukses karena memanfaatkan internet? Ya, dialah
Blasius Harry, atau lebih dikenal dengan nama Harry van Jogja. Pekerjaannya sebagai
tukang becak tidak menuntutnya berhubungan dengan teknologi internet. Yang
wajib bagi tukang becak adalah punya becak, sehat dan kuat mengayuh becak. Itu
saja.
Harry melakukan
terobosan. Dia sering pergi ke warnet untuk ngeblog di multiply. Berbagi cerita
tentang keindahan Jogja. Ia mengaet calon penumpang dari seluruh dunia lewat
internet dan media sosial. Setiap orang apapun pekerjaannya baik bidang jasa
maupun perdagangan bisa melebarkan sayap ke seluruh dunia lewat internet.
Kata-kata kerennya : melek internet untuk startup bisnis dengan cara pemasaran
gerilya. Anda pun dapat memanfaatkan internet seperti Blasius Harry.
Untuk memulai bisnis penjualan di internet ada 8 hal yang wajib Anda lakukan , yaitu:
Untuk memulai bisnis penjualan di internet ada 8 hal yang wajib Anda lakukan , yaitu:
- Anda harus memiliki produk bagus.
- Penawaran yang menarik, produk Anda berani dibandingkan kualitasnya dengan produk lain yang sejenis. Kegagalan untuk menyatakan penawaran dengan jelas dan merinci manfaat produk bagi calon pembeli merupakan masalah terbesar di dunia pemasaran (terutama secara online, karena barang tak bisa disentuh dan dilihat langsung secara fisiknya).
- Ketiga, bisa dipercaya, misalnya ada jaminan uang kembali jika produk yang sampai ke tangan pembeli jika mutu barang yang Anda jual tidak sesuai dengan penjelasan Anda.
- Caranya harus tepat. Penjual di dunia maya, harus seperti sniper! Pelurunya terbatas, karena itu kalau mau menembak dilihat dulu sasaran tembaknya, apakah sudah benar atau tidak. Kalau sudah benar baru tembak dan kalau bisa setiap peluru merupakan silver bullet atau peluru perak sehingga ketika kena sasaran langsung mematikan! Pilihlah cara yang unik dalam pemasaran di internet, entah itu sederhana atau rumit? Tujuan utamanya adalah barang Anda laris terjual.
- Targeting yang tepat.
- Publisitas, mengumumankan kepada calon pembeli lewat jalur internet dengan bergerilya.
- Segera lakukan tanpa basa basi.
- Buat e-mail.
E-mail adalah
bayangan Anda di dunia maya. Dengan modal e-mail Anda bisa membuat blog, berteman dan
menjalin networking di jejaring social, meng-upload video promosi dan
sebagainya.
Senjata Pemasaran Gerilya
Banyak perusahaan besar, UKM, dan perusahaan kecil menggunakan jaringan internet sebagai senjata pemasaran gerilya untuk memperluas target pemasaran dalam menghadapi era globalisasi dan era pasar terbuka saat ini. Keberadaan internet membuat batas-batas geografi nyaris tidak berarti. Perusahaan yang mula-mula kecil seperi Amazon (toko buku kecil), yahoo, portal yang didirikan oleh dua orang mahasiswa, tokobagus.com (toko online serba ada), Saat ini menjadi perusahaan raksasa hanya dalam waktu singkat. Karena teknologi informasi.
Saya pernah
berjualan berbagai macam barang dan jasa
secara online di internet. Mulai dari jasa editing, meja lipat, dan menerima
pesanan rendang buatan oma. Kita dapat memaksimalkan internet untuk
meningkatkan penjualan. Inilah senjata pemasaran gerilya yang dapat Anda
gunakan, hemat tapi efektif sebagai media promosi, demi melariskan dagangan
Anda, yaitu:
1. Blog
blog: http://matakuceritaku.blogspot.com |
Blog adalah
website dengan konten (bisa berupa teks, gambar, atau video) yang diupdate
secara berkala. Blog adal;ah jawaban bagi orang yang ingin memiliki website
namun tidak memiliki kemampuan menguasai bahasa pemrograman. Blog dapat dibuat
secara cepat, dan pengelolaannya mudah.
“Manfaat utama
blog adalah ekspresi yang sangat dimudahkan melalui blog. Nomor dua adalah
akses pada komunitas. Begitu ada ide bisa langsung disampaikan. Blog
memperkecil jarak dengan orang lain, sehingga menjadi forum aktualisasi yang
hampir sempurna.”
Dalam hitungan
menit, pengguna sudah dapat memiliki alamat website sendiri dan mengisi konten
di dalamnya dengan antarmuka grafis yang mendekati Microsoft Word. Blog umumnya
berisi curhat, atau diari, tapi blog dapat diisi dengan konten apapun,
tergantung minat dari penulis blog. Budaya untuk menuliskan berbagai catatan di
internet untuk diperlihatkan kepada orang lain ternyata disukai oleh banyak
anak muda bahkan digandrungi oleh orang tua. Mulai dari anak SD sampai orang
yang bergelar professor atau dokter gemar ngeblog.
Tulislah cerita
yang paling menarik dari kisah pekerjaan atau bisnis Anda di blog, misalnya:
seorang fotografer bercerita tentang seluk beluk sesi pemotretan, editor bisa
ngeblog tentang perjalanan unik dalam mengedit sebuah buku. Biarkan dunia tahu
dunia Anda lewat cerita di blog. Selain
untuk berbagi cerita, blog dapat dijadikan sebagai toko online. Sebuah lapak di
dunia maya yang mustahil digusur satpol pamong praja. Pelajari tehnik SEO untuk
memperbesar kemungkinan blog Anda dibaca pengunjung.
Orang mungkin
tidak melek internet, tetapi punya facebook, belum lagi maraknya smartphone
belakangan ini. Berfacebook ria bisa lewat ponsel. Anda bisa mencari teman,
berbagi kabar, sekaligus menawarkan jasa terbaik Anda lewat status atau note di
facebook. Minimal orang tahu barang dagangan Anda, dan ini adalah promosi yang
efektif.
Facebook memiliki ekspresi like, sebuah gambar jempol bagi yang
menyukai status atau tulisan note boleh meng-klik “like”. Batasan maksimal
teman di facebook 5.000 orang. Setelah itu maka Anda akan dianugrahi gelar
“full”.
3.Path
Layanan jejaring
social ini didirikan oleh Dave Morin, mantan executive facebook. Itu sebabnya
banyak fitur yang mirip situs jejaring social milik Mark Zuckerberg. Misalnya
fitur berbagi status dengan pengguna lain yang diberi komentar. Hal yang
membedakan Path dari Facebook, jumlah pertemanan yang diizinkan maksimal 150
orang. Alasan mereka membatasi
pertemanan hanya sebatas 150 orang yaitu: “ Kami ingin membangun jaringan dengan
kualitas tinggi yang membuat orang-orang saling berbagi dengan nyaman kapan
saja.” Kata Morin.
Dengan
pembatasan ini Path berupaya mengarahkan kegiatan berbagi berjalan dengan lebih
intim, yaitu orang yang benar-benar saling mengenal. Selain itu pengaturan
bawaan aplikasi Path ini diatur sebagai private, sehingga selain teman yang
telah diterima tidak ada yang bisa melihat posting pengguna.
Satu hal yang
menarik, Path memiliki fitur untuk mengedit foto yang akan diposting dengan
berbagai pilihan filter, seperti Instagram. Path, tidak ditujukan sebagai
jejaring social semata, tetapi juga jurnal penggunanya. Hal ini disebabkan
karena pengguna dapat menampilkan kegiatan yang spesifik, seperti pergi dan
bangun tidur.
Dengan Path,
pengguna juga bisa secara khusus berbagi judul buku yang sedang dibaca atau
music yang sedang didengarkannya, dengan dilengkapi foto thumbnail buku atau
album tersebut. Selain itu seperti FourSquare, pengguna juga dapat berbagi
lokasi tempat ia berada.Posting yang
dikirim pun dapat langsung ditembuskan ke jejaring social lainnya, seperti
Facebook dan Twitter. Aplikasi ini sekarang bisa diunduh dari ponsel berbasis
iOS dan Android secara gratis.
4.Twitter
Twiter merupakan
layanan microblogging yang bisa melakukan pembaharuan (update) berupa sebuah
teks dengan panjang maksimum 140
karakter. Pembaharuan di twiter dikenal sebagai tweps. Pembaharuan di twiter
bisa dilihat oleh orang lain yang menjadi follower kita.
Secara garis besar
fungsi twiter adalah:
- Untuk menuliskan berbagai hal yang ingin kita tulis, tidak mesti menuliskan apa yang sedang dilakukan, Anda bisa menuliskan apa saja mengenai pikiran ataupun perasaan Anda.
- Bisa digunakan untuk berbagi (share) foto, lagu, dan video kepada teman-teman Anda.
- Mencari teman-teman baru (target marketing) di dunia maya.
- Bisa mengetahui kebiasaan apa saja yang dilakukan oleh public figure yang ingin Anda ketahui , misalnya : valentine Rossi, Jorge Lorenzo, Mario Teguh, Tung Desem Waringin, dan sebagainya.
- Mempopulerkan web atau blog yang dimiliki, Anda bisa berbagi tautan link, dan menuliskan artikel yang dibuat pada timeline twitter.
- Bisa digunakan sebagai media advertise secara tidak langsung, misalnya untuk review suatu product. Kita ambil contoh laku.com, rakunet, dll.
- Bisa digunakan untuk mencari dukungan politik atau kampanye di dunia maya.
- Bisa digunakan untuk media informasi secara realtime, seperti informasi mengenai bencana atau kejadian lainnya.
Etika di twitter
yang perlu diperhatikan :
- Tulislah dengan kata-kata sopan setiap kali Anda menulis update.
- Jangan jadikan twitter untuk mengambar kejelekan orang lain, mencemarkan nama baik, atau sesuatu yang berhubungan dengan SARA.
- Tidak menshare gambar atau video yang bersifat pornografi, Jika ada yang tidak berkenan, maka Anda akan banyak ditinggalkan follower.
- Tampilkan biodata Anda secara lengkap, sehingga user lain yang ingin mem-follow Anda menjadi yakin.
- Biasakan mengirim ucapan terima kasih jika Ada yang mem-follow Anda. Baik dengan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.
5.Kaskus
Kaskus adalah
website berbasis forum yang banyak digunakan di Indonesia.
Di web ini tersedia berbagai macam kategori, mulai dari film, music, barang
dagangan, dan jasa. Apapun bisa Anda jual di sini.
6.Menulis
watermark pada foto
Watermark
merupakan tulisan atau keterangan yang memuat hak cipta, atas pembuatnya diatas
sebuah foto, video, atau karya apapun.
7.Youtube
Youtube adalah
layanan berbagi video secara gratis. Buatlah video pendek , profil usaha Anda,
kemudian upload di youtube dan sebarkan di youtube bagi teman-teman Anda. Ini
cara yang perlu Anda coba.
8.Mengirim
e-mail ke teman-teman Anda.
9.Promosi di
yahoomessenger.
Anda dapat
menuliskan kalimat promosi di yahoo messenger dan menuliskan detainya di dalam
konten blogmu. Buat judul yang menggoda agar pembaca tertarik misalnya 5 tips
cari duit di blog.
10.Beriklan di
google talk
Google talk
adalah sebuah layanan yang disediakan oleh Google . Tampilan Instan Mesengger
ini cukup sederhana namun memiliki fasilitas yang tak kalah lengkap dengan
instan messender lainnya.
11.Promosi lewat
photo sharing di http://photoblog.com, atau flickr.com
Situs-situs
sharing foto dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. Situs ini dapat
menjaring target yang mengemari dunia foto atau menjaring orang yang sedang
membutuhkan barang yang Anda tawarkan.
12.Memasang
poster di iklan baris. Misalnya : deviantart, atau photobucket
Anda bisa masuk
ke devianantart sebagai sarana promosi bisnis Anda.
13.Pasang iklan
gratis di tokobagus.com, dan berniaga.com
14.Pasang iklan
di penyedia layanan iklan gratis, misalnya: iklanhouse.com,
pasangiklangratis.com.
15.Menyebarkan
ke iklan ke berbagai situs iklan baris gratis situsnya adalah:
- iklanbaliku.com
- pasangiklanbarisgratis.com
- iklanbarisplus.com
- iklangratis.net
- maulewat.com
- sebariklangratis.com
- iklanbarisplus.com
- iklanbaris.co.id
- iklangooglemurah.com
- situsiklanbaris.com
- iklanbarisplus.com
- Iklanpromo.com
- rajaiklanbaris.org
- pasarmini.com
- forumiklan.com
- iklanumum.com
- satuiklan.com
- freeiklan.com
- tempatiklan.com
- Iklanfun.com
- jasaiklan.com
- iklanbaru.com
- iklanniaga.com
- iklansaya.com
- carisemua.com
- pondokiklan.com
- iklanpercuma.com
16.Pasang banner
usaha gratis di http://bursapromo.com
17.Blogwalking,
yaitu meninggalkan komentar di blog orang lain.
18.Mengisi buku
tamu pada blog orang lain (shoutmix).
19.Teknik
subscribe e-mail yaitu mengirimkan e-mail berlangganan kepada para pembaca blog
Anda.
20.Mendaftarkan
blog ke situs directory, misalnya : blog-indonesia.com
21.Mendaftarkan
blog ke situs search engine: google.com
22.Menggunakan
alat penghitung pengunjung blog.
23.Menambahkan
tombol bookmark pada postingan
24.Menyediakan
fasilitas link kirim ke teman : masuk ke situs http://freetellafriend.com
25.Menampilkan
pooling
26.Menampilkan
testimony atau penghargaan yang diperoleh.
27.Bertukar link
dengan penulis blog lain.
28.Mengupload
banner ikan di http://indobanner,com
29.Menjual
barang antic di http://tokobagus.com
30.Menciptakan
program afiliasi sebagai pendukung penjualan produk Anda.
31.Berpartisipasi
dalam sebuah grup diskusi.
32.Submit
artikel di Ezine, sebarlah kepada target pembaca yang telah ditetapkan.
33.Buatlah buku
elektronik.
34.Submit
website Anda ke 10 search engine.
35.Gunakan
software untuk submit ke 1.500 search engine lainnya.
36.Ulangi submit
ke search engine kecil tersebut secara berkelanjutan.
37.Cantumkan
alamat website di semua material bisnis.
38.Cantumkan
alamat website di kartu nama dan kop surat.
39.Cantumkan
alamat website di e-mail, facebook, dan twitter.
40.Pakai judul
yang sama di iklan maupun di website.
41.Lakukan
promosi offline untuk mengimbangi promosi online, demi hasil yang lebih baik.
42.Pasang iklan
di majalah dan koran.
43.Kirimkan
artikel ke majalah atau koran.
44.
Mempromosikan usaha di skype.
45. Menggunakan
myspace untuk promosi bisnis.
46. Menampilkan
foto promosi dalam bentuk slide show di myspace.
47. Menggunakan
alat penghitung pengunjung blog.
48. Menambahkan
tombol bookmark pada postingan blog.
49. Menampilkan
status online/offline di yahoomessenger.
50. Pasang iklan
bergambar di http://iklan-sukses.com/iklan/pasang
51. Pasang link
di websites http://kolamiklan.com
52. Memasarkan
url di http://linkmarket.net
53. Menjual
kepada orang per orang secara pribadi.
54. Memasang
iklan di bioskop-bioskop, tampil sebelum film tayang.
55. Memasang
iklan di pohon-pohon.
56. Menyebar
iklan lewat SMS.
57. Memasang
iklan baris di koran-koran.
58. Memasang
iklan lewat radio.
Temukan banyak
cara lain untuk tumbuh dan berkembang. Dengan internet kita bisa menepuk pundak
3000 teman dalam sekali posting, betapa menakjubkan, dunia makin terasa kecil.
Semoga bisnis
Anda semakin mekar dan berkembang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar