13 November 2012

Melek Digital untuk Startup Bisnis dengan 58 Senjata Pemasaran Gerilya


Potret, upload di fb, baru dimakan
Orang-orang kini memotret makanannya terlebih dahulu sebelum dimakan, lalu mengunduhnya di social media. Bagi yang “ngiler”  dan tergoda, mereka akan datang mencoba makanan di restoran tersebut. Betapa mudahnya memasarkan produk lewat berbagi foto di social media. Anda pernah mencobanya?

Pernah dengar kisah seorang tukang becak yang sukses karena memanfaatkan internet? Ya, dialah Blasius Harry, atau lebih dikenal dengan nama Harry van Jogja. Pekerjaannya sebagai tukang becak tidak menuntutnya berhubungan dengan teknologi internet. Yang wajib bagi tukang becak adalah punya becak, sehat dan kuat mengayuh becak. Itu saja.

Harry melakukan terobosan. Dia sering pergi ke warnet untuk ngeblog di multiply. Berbagi cerita tentang keindahan Jogja. Ia mengaet calon penumpang dari seluruh dunia lewat internet dan media sosial. Setiap orang apapun pekerjaannya baik bidang jasa maupun perdagangan bisa melebarkan sayap ke seluruh dunia lewat internet. Kata-kata kerennya : melek internet untuk startup bisnis dengan cara pemasaran gerilya. Anda pun dapat memanfaatkan internet seperti Blasius Harry.

Untuk memulai bisnis penjualan di internet ada 8 hal yang wajib Anda lakukan , yaitu:
  1. Anda harus memiliki produk bagus. 
  2. Penawaran yang menarik, produk Anda berani dibandingkan kualitasnya dengan produk lain yang sejenis.  Kegagalan untuk menyatakan penawaran dengan jelas dan merinci manfaat produk bagi calon pembeli merupakan masalah terbesar di dunia pemasaran (terutama secara online, karena barang tak bisa disentuh dan dilihat langsung secara fisiknya). 
  3. Ketiga, bisa dipercaya, misalnya ada jaminan uang kembali jika produk yang sampai ke tangan pembeli jika mutu barang yang Anda jual  tidak sesuai dengan penjelasan Anda.
  4. Caranya harus tepat. Penjual di dunia maya, harus seperti sniper! Pelurunya terbatas, karena itu kalau mau menembak dilihat dulu sasaran tembaknya, apakah sudah benar atau tidak. Kalau sudah benar baru tembak dan kalau bisa setiap peluru merupakan silver bullet atau peluru perak sehingga ketika kena sasaran langsung mematikan! Pilihlah cara yang unik dalam pemasaran di internet, entah itu sederhana atau rumit? Tujuan utamanya adalah barang Anda laris terjual.
  5. Targeting yang tepat.  
  6. Publisitas, mengumumankan kepada calon pembeli lewat jalur internet dengan bergerilya.
  7. Segera lakukan tanpa basa basi. 
  8. Buat e-mail.   
E-mail adalah bayangan Anda di dunia maya. Dengan modal  e-mail Anda bisa membuat blog, berteman dan menjalin networking di jejaring social, meng-upload video promosi dan sebagainya.  

Senjata Pemasaran Gerilya

Banyak perusahaan besar, UKM, dan perusahaan kecil menggunakan jaringan internet sebagai senjata pemasaran gerilya untuk memperluas target pemasaran dalam menghadapi era globalisasi dan era pasar terbuka saat ini. Keberadaan internet membuat batas-batas geografi nyaris tidak berarti. Perusahaan yang mula-mula kecil seperi Amazon (toko buku kecil), yahoo, portal yang didirikan oleh dua orang mahasiswa, tokobagus.com (toko online serba ada), Saat ini menjadi perusahaan raksasa hanya dalam waktu singkat. Karena teknologi  informasi. 

Saya pernah berjualan berbagai macam  barang dan jasa secara online di internet. Mulai dari jasa editing, meja lipat, dan menerima pesanan rendang buatan oma. Kita dapat memaksimalkan internet untuk meningkatkan penjualan. Inilah senjata pemasaran gerilya yang dapat Anda gunakan, hemat tapi efektif sebagai media promosi, demi melariskan dagangan Anda, yaitu:


1.    Blog
blog: http://matakuceritaku.blogspot.com
Blog adalah website dengan konten (bisa berupa teks, gambar, atau video) yang diupdate secara berkala. Blog adal;ah jawaban bagi orang yang ingin memiliki website namun tidak memiliki kemampuan menguasai bahasa pemrograman. Blog dapat dibuat secara cepat, dan pengelolaannya mudah. 

“Manfaat utama blog adalah ekspresi yang sangat dimudahkan melalui blog. Nomor dua adalah akses pada komunitas. Begitu ada ide bisa langsung disampaikan. Blog memperkecil jarak dengan orang lain, sehingga menjadi forum aktualisasi yang hampir sempurna.”

Dalam hitungan menit, pengguna sudah dapat memiliki alamat website sendiri dan mengisi konten di dalamnya dengan antarmuka grafis yang mendekati Microsoft Word. Blog umumnya berisi curhat, atau diari, tapi blog dapat diisi dengan konten apapun, tergantung minat dari penulis blog. Budaya untuk menuliskan berbagai catatan di internet untuk diperlihatkan kepada orang lain ternyata disukai oleh banyak anak muda bahkan digandrungi oleh orang tua. Mulai dari anak SD sampai orang yang bergelar professor atau dokter gemar ngeblog.

Tulislah cerita yang paling menarik dari kisah pekerjaan atau bisnis Anda di blog, misalnya: seorang fotografer bercerita tentang seluk beluk sesi pemotretan, editor bisa ngeblog tentang perjalanan unik dalam mengedit sebuah buku. Biarkan dunia tahu dunia Anda lewat cerita di blog.  Selain untuk berbagi cerita, blog dapat dijadikan sebagai toko online. Sebuah lapak di dunia maya yang mustahil digusur satpol pamong praja. Pelajari tehnik SEO untuk memperbesar kemungkinan blog Anda dibaca pengunjung.

Orang mungkin tidak melek internet, tetapi punya facebook, belum lagi maraknya smartphone belakangan ini. Berfacebook ria bisa lewat ponsel. Anda bisa mencari teman, berbagi kabar, sekaligus menawarkan jasa terbaik Anda lewat status atau note di facebook. Minimal orang tahu barang dagangan Anda, dan ini adalah promosi yang efektif. 



Facebook memiliki ekspresi like, sebuah gambar jempol bagi yang menyukai status atau tulisan note boleh meng-klik “like”. Batasan maksimal teman di facebook 5.000 orang. Setelah itu maka Anda akan dianugrahi gelar “full”.

3.Path
Layanan jejaring social ini didirikan oleh Dave Morin, mantan executive facebook. Itu sebabnya banyak fitur yang mirip situs jejaring social milik Mark Zuckerberg. Misalnya fitur berbagi status dengan pengguna lain yang diberi komentar. Hal yang membedakan Path dari Facebook, jumlah pertemanan yang diizinkan maksimal 150 orang.  Alasan mereka membatasi pertemanan hanya sebatas 150 orang yaitu: “ Kami ingin membangun jaringan dengan kualitas tinggi yang membuat orang-orang saling berbagi dengan nyaman kapan saja.” Kata Morin.

Dengan pembatasan ini Path berupaya mengarahkan kegiatan berbagi berjalan dengan lebih intim, yaitu orang yang benar-benar saling mengenal. Selain itu pengaturan bawaan aplikasi Path ini diatur sebagai private, sehingga selain teman yang telah diterima tidak ada yang bisa melihat posting pengguna.
Satu hal yang menarik, Path memiliki fitur untuk mengedit foto yang akan diposting dengan berbagai pilihan filter, seperti Instagram. Path, tidak ditujukan sebagai jejaring social semata, tetapi juga jurnal penggunanya. Hal ini disebabkan karena pengguna dapat menampilkan kegiatan yang spesifik, seperti pergi dan bangun tidur.

Dengan Path, pengguna juga bisa secara khusus berbagi judul buku yang sedang dibaca atau music yang sedang didengarkannya, dengan dilengkapi foto thumbnail buku atau album tersebut. Selain itu seperti FourSquare, pengguna juga dapat berbagi lokasi tempat ia berada.Posting yang dikirim pun dapat langsung ditembuskan ke jejaring social lainnya, seperti Facebook dan Twitter. Aplikasi ini sekarang bisa diunduh dari ponsel berbasis iOS dan Android secara gratis.      

Twiter merupakan layanan microblogging yang bisa melakukan pembaharuan (update) berupa sebuah teks  dengan panjang maksimum 140 karakter. Pembaharuan di twiter dikenal sebagai tweps. Pembaharuan di twiter bisa dilihat oleh orang lain yang menjadi follower kita. 





Secara garis besar fungsi twiter adalah:
  • Untuk menuliskan berbagai hal yang ingin kita tulis, tidak mesti menuliskan apa yang sedang dilakukan, Anda bisa menuliskan apa saja mengenai pikiran ataupun perasaan Anda.
  • Bisa digunakan untuk berbagi (share) foto, lagu, dan video kepada teman-teman Anda.
  • Mencari teman-teman baru (target marketing) di dunia maya.
  • Bisa mengetahui kebiasaan apa saja yang dilakukan oleh public figure yang ingin Anda ketahui , misalnya : valentine Rossi, Jorge Lorenzo, Mario Teguh, Tung Desem Waringin, dan sebagainya.
  • Mempopulerkan web atau blog yang dimiliki, Anda bisa berbagi tautan link, dan menuliskan artikel yang dibuat pada timeline twitter.
  • Bisa digunakan sebagai media advertise secara tidak langsung, misalnya untuk review suatu product. Kita ambil contoh laku.com, rakunet, dll.
  • Bisa digunakan untuk mencari dukungan politik atau kampanye di dunia maya.
  • Bisa digunakan untuk media informasi secara realtime, seperti informasi mengenai bencana atau kejadian lainnya.
Etika di twitter yang perlu diperhatikan :
  • Tulislah dengan kata-kata sopan setiap kali Anda menulis update.
  • Jangan jadikan twitter untuk mengambar kejelekan orang lain, mencemarkan nama baik, atau sesuatu yang berhubungan dengan SARA.
  • Tidak menshare gambar atau video yang bersifat pornografi, Jika ada yang tidak berkenan, maka Anda akan banyak ditinggalkan follower.
  • Tampilkan biodata Anda secara lengkap, sehingga user lain yang ingin mem-follow Anda menjadi yakin.
  • Biasakan mengirim ucapan terima kasih jika Ada yang mem-follow Anda. Baik dengan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris.
5.Kaskus 
Kaskus adalah website berbasis forum yang banyak digunakan di Indonesia. Di web ini tersedia berbagai macam kategori, mulai dari film, music, barang dagangan, dan jasa. Apapun bisa Anda jual di sini.

6.Menulis watermark pada foto
Watermark merupakan tulisan atau keterangan yang memuat hak cipta, atas pembuatnya diatas sebuah foto, video, atau karya apapun.

7.Youtube
Youtube adalah layanan berbagi video secara gratis. Buatlah video pendek , profil usaha Anda, kemudian upload di youtube dan sebarkan di youtube bagi teman-teman Anda. Ini cara yang perlu Anda coba. 

8.Mengirim e-mail ke teman-teman Anda.

9.Promosi di yahoomessenger.
Anda dapat menuliskan kalimat promosi di yahoo messenger dan menuliskan detainya di dalam konten blogmu. Buat judul yang menggoda agar pembaca tertarik misalnya 5 tips cari duit di blog.

10.Beriklan di google talk
Google talk adalah sebuah layanan yang disediakan oleh Google . Tampilan Instan Mesengger ini cukup sederhana namun memiliki fasilitas yang tak kalah lengkap dengan instan messender lainnya. 

11.Promosi lewat photo sharing di http://photoblog.com, atau flickr.com
Situs-situs sharing foto dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. Situs ini dapat menjaring target yang mengemari dunia foto atau menjaring orang yang sedang membutuhkan barang yang Anda tawarkan.

12.Memasang poster di iklan baris. Misalnya : deviantart, atau photobucket
Anda bisa masuk ke devianantart sebagai sarana promosi bisnis Anda. 

13.Pasang iklan gratis di tokobagus.com, dan berniaga.com
14.Pasang iklan di penyedia layanan iklan gratis, misalnya: iklanhouse.com, pasangiklangratis.com.
15.Menyebarkan ke iklan ke berbagai situs iklan baris gratis situsnya adalah:

16.Pasang banner usaha gratis di http://bursapromo.com
17.Blogwalking, yaitu meninggalkan komentar di blog orang lain.
18.Mengisi buku tamu pada blog orang lain (shoutmix).
19.Teknik subscribe e-mail yaitu mengirimkan e-mail berlangganan kepada para pembaca blog Anda.
20.Mendaftarkan blog ke situs directory, misalnya : blog-indonesia.com
21.Mendaftarkan blog ke situs search engine: google.com
22.Menggunakan alat penghitung pengunjung blog.
23.Menambahkan tombol bookmark pada postingan
24.Menyediakan fasilitas link kirim ke teman : masuk ke situs http://freetellafriend.com
25.Menampilkan pooling
26.Menampilkan testimony atau penghargaan yang diperoleh.
27.Bertukar link dengan penulis blog lain.
28.Mengupload banner ikan di http://indobanner,com
29.Menjual barang antic di http://tokobagus.com
30.Menciptakan program afiliasi sebagai pendukung penjualan produk Anda.
31.Berpartisipasi dalam sebuah grup diskusi.
32.Submit artikel di Ezine, sebarlah kepada target pembaca yang telah ditetapkan.
33.Buatlah buku elektronik.
34.Submit website Anda ke 10 search engine.
35.Gunakan software untuk submit ke 1.500 search engine lainnya.
36.Ulangi submit ke search engine kecil tersebut secara berkelanjutan.
37.Cantumkan alamat website di semua material bisnis.
38.Cantumkan alamat website di kartu nama dan kop surat.
39.Cantumkan alamat website di e-mail, facebook, dan twitter.
40.Pakai judul yang sama di iklan maupun di website.
41.Lakukan promosi offline untuk mengimbangi promosi online, demi hasil yang lebih baik.
42.Pasang iklan di majalah dan koran.
43.Kirimkan artikel ke majalah atau koran.
44. Mempromosikan usaha di skype.
45. Menggunakan myspace untuk promosi bisnis.
46. Menampilkan foto promosi dalam bentuk slide show di myspace.
47. Menggunakan alat penghitung pengunjung blog.
48. Menambahkan tombol bookmark pada postingan blog.
49. Menampilkan status online/offline di yahoomessenger.
50. Pasang iklan bergambar di http://iklan-sukses.com/iklan/pasang
51. Pasang link di websites http://kolamiklan.com
52. Memasarkan url di http://linkmarket.net
53. Menjual kepada orang per orang secara pribadi.
54. Memasang iklan di bioskop-bioskop, tampil sebelum film tayang.
55. Memasang iklan di pohon-pohon.
56. Menyebar iklan lewat SMS.
57. Memasang iklan baris di koran-koran.
58. Memasang iklan lewat radio.

Temukan banyak cara lain untuk tumbuh dan berkembang. Dengan internet kita bisa menepuk pundak 3000 teman dalam sekali posting, betapa menakjubkan, dunia makin terasa kecil.

Semoga bisnis Anda semakin mekar dan berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar