12 Juni 2011

Idblognetwork Pilar Blogger : Blogku, Kepingan Sejarahku


Saya tersihir dengan kata-kata Imam Ali r.a :”Ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya.” Sejak memungut petunjuk ini (mulai tahun 2002) saya selalu membawa buku kecil kemana-mana. Setiap membaca buku, koran, majalah, atau apapun yang berbau teks, saya menuliskan kata-kata yang menarik perhatian saya dalam catatan kecil tersebut.

Sejak blog belum popular, saya sudah rajin menulis di buku harian. Hasil bujukan Imam Ali r.a tersebut melahirkan 25 buku catatan kecil di deretan rak buku saya di rumah. Catatan kecil atau diarimu bisa menampung apa saja. Segala macam kliping, gambar cita-cita, guntingan iklan kamera impian, dialog berlian pada sebuah novel, puisi, daftar hal yang menyebalkan, serius, lucu, sesuatu yang remeh temeh, indah, atau apapun yang terbang melintas di benakmu. Semakin beragam semakin asyik buku harianmu. 


Menulis diari bukanlah hak veto perempuan, sebab tulisan yang dicatatkan hari ini akan terbawa angin untuk selamanya. Beruntunglah saat ini diari online (blog), facebook, twitter yang menjadi jalan untuk mengungkapkan jalan pikiran, sehingga menulis catatan harian dan berbagi kabar untuk generasi muda saat ini, jauh lebih mudah, asalkan tersedia jaringan internet.

Teman Baru Saya : Idblognetwork

Berkat kerajinan saya menulis di blog, suatu hari saya berkenalan dengan situs idblognetwork. Tak kenal maka tak sayang, untuk itu mari saya perkenalkan teman baru saya idblognetwork.com.

Idblognetwork adalah situs yang menghubungkan blogger dan pemasang iklan di dunia maya. Di dusun internet berjuta-juta blog bertebaran, sayangnya blog-blog tersebut temanya belum spesifik, misalnya blog fotografi, blog travel writing, blog seluk beluk ponsel, blog tutorial blogging, dan sebagainya. Kebanyakan blog-blog yang ada sifatnya blog gado-gado (blog tumpang sari).

Idblognetwork bertugas mengumpulkan, menyeleksi, dan memilih blog-blog yang memiliki konten (isi) yang berkualitas, kemudian menjembatani pemilik blog tersebut untuk menulis paid review, ulasan mengenai suatu produk dengan mencantumkan link tertentu untuk ajang promosi para pemasang iklan di dunia maya.

Inilah cara lain berbagi kabar dari mulut ke mulut di dusun internet. Inilah alasannya, mengapa idblognetwork disebut sebagai pilar blogger, tanpa campur tangan idblognetwork, calon pemasang iklan akan kerepotan menentukan blog mana yang cocok sebagai “ladang” untuk membenihkan iklan-iklan yang mereka tawarkan tersebut. Beribu terima kasih saya haturkan mewakili para blogger untuk idblognetwork.

Roadblog 2011 sebagai Salam Perkenalan Idblognetwork

Roadblog adalah ajang untuk memperkenalkan idblognetwork lewat blogilicious. Kata blogilicious merupakan plesetan dari delicious (lezat). Terjemahan bebasnya blogilicious menyebarkan kegembiraan dari blogging. Ngeblog itu menyenangkan jika tahu caranya, ,seperti mengendarai motor matic dengan segala kemudahannya.


Blogicious adalah event seminar dan semi workshop yang dilangsungkan di tujuh kota yang berbeda-beda , selama 2 hari untuk mengenalkan seluk beluk blogging. Kota-kota roadblog tersebut adalah sebagai berikut :
1. Surabaya
2. Makassar
3. Medan
4. Palembang
5. Jogjakarta
6. Bandung, dan
7. Jakarta

Tema semi workshop yang disampaikan hari pertama adalah mensosiallisasikan tip blogging, etika, ngeblog, mobile blogging, social media, blogpreneur, dan blog monetizer. Sedangkan di hari kedua yang diseminarkan adalah design blog, SEO (Search Engine Optimize), dan security (keamanan blog). Ini sungguh menambah wawasan para blogger dalam mengelola blognya.

Kritetia Peserta Blogilicious

Ada tujuh kriteria yang harus dimiliki peserta blogilicious, salah satu kriteria yang cocok, sudah cukup menjadi alasan blogger untuk mengikuti acara ini. Tujuh kriteria tersebut adalah.
1. Blogger sejati
2. Bukan blogger sejati tapi suka baca blog
3. Nggak suka ngeblog tapi suka baca blog
4. Gak suka ngeblog tapi suka sama blogger (lho?)
5. Kepingin punya blog
6. Kepingin tahu lebih banyak tentang seluk beluk ngeblog
7. Kepingin dapet uang dari ngeblog

Jika salah satu atau lebih kriteria tersebut sesuai denganmu, maka Roadblog 2011 Blogilicious adalah even yang kamu banget! Yuk, ikutan! Semua orang, asalkan ia memiliki minat blogging, suka baca blog atau suka sama blogger yang ganteng dan cantik, boleh menjadi peserta.

Harapan Sesudah Roadblog

Harapan sesudah roadblog yang menjadi cita-cita idblognetwork adalah lewat ajang ini
menjadikan anak-anak muda Indonesia sebagai positif blogger, yaitu seseorang yang mampu mewartakan kejadian sehari-hari menjadi lebih menarik, berita penting, dan informasi lainnya lewat blog kepada netizen (warga internet/ warga digital). Diharapkan peserta blogilicious jadi tergila-gila ngeblog dengan cara yang benar. Bonusnya jika blog yang Anda tulis menarik, akan mengundang banyak calon pengiklan.

Tulislah perihal apapun yang paling dekat dengan kita. Pengalaman terburuk dalam hidup, kisah cinta monyet semasa SD, pengalaman paling lucu, dan sebagainya. "Tulis sajalah, jangan berpikir", pesan Natalie Goldberg, dalam bukunya Writing The Bones.

Membuat Tulisan Jadi Duit

Jika Anda hobby menulis, punya blog pribadi entah itu blog gratisan, atau blog berbayar (dot com) bergabunglah dengan situs idblognetwork.com. Blog Anda harus orisinil. Bukan blog yang isinya copy paste melulu (jika mengutip sebutkan sumber aslinya), bukan blog yang berisi pornografi. Kriteria blog yang diterima dapat dilihat di situs idblognetwork.

Daftarkan blog Anda segera di sini, setelah blog Anda diseleksi dan lulus uji; lalu blog Anda diterima, Anda akan mendapat tugas me-review produk sesuai permintaan pengiklan. Honor satu kali posting (paid review) di idblognetwork paling manusiawi diantara harga yang ditawarkan situs-situs lain, yaitu satu kali posting honornya800 ribu! Wow. Jerih payah Anda dalam menulis dihargai cukup mahal, sahabat.

Metode Kampanye Marketing

Metode kampanye marketing yang ditawarkan kepada blogger oleh idblognetwork meliputi 4 pilihan yaitu :

1.Pay Per Action (PPA), blogger dibayar setiap kali pengunjung melakukan aksi (bertanya tentang produk, memesan produk, dan melakukan pembelian secara online).
2.Pay Per Click (PPC), blogger dibayar setiap kali pengunjung melakukan klik.
3.Pay Per Post (PPP), blogger dibayar setiap kali membuat satu posting pesanan pengiklan.
4.Tweet Campaingn, blogger yang memiliki pengikut twitter di atas 500 orang diberi peluang melakukan kampanye pemasaran lewat kicauan di twitter.

Membuat Konten Blog yang Bermutu

Blog yang disukai pengunjung adalah blog yang memiliki informasi sangat banyak, gratis, isinya bermanfaat dan benar-benar dapat dipraktikkan. Bacalah buku, koran, majalah, berita online, untuk memperbaharui pengetahuan Anda, tuliskan kembali dengan bahasa Anda di blog, agar pengunjung memperoleh manfaat yang sama dengan Anda. Misalnya : Anda sedang belajar fotografi, baca buku tentang fotografi, ikuti workshopnya, pratikkan, setelah Anda sukses: bagikan tip tersebut dalam postingan blog Anda. Kata-kata kita mesti terasa tak terelakkan!

Nah, blog adalah sarana yang tepat untuk orang-orang yang suka berbagi (pengetahuan). Tetap semangat blogging ya. Salam blogger.








4 komentar:

  1. Ia, saya tinggal di Bandung Pak.. salam kenal juga ya :D bapak tinggal dimana?

    BalasHapus
  2. Blog lifestyle : Di Bogor pak..:D

    BalasHapus
  3. wah ikutan lomba semi seo idblognetwork ya ,.??
    good luck ya ,.!!
    kalo artikelnya sebagus ini saya yakin anda pasti bisa menang samsung galaxy tab.
    salam IBNers

    BalasHapus
  4. Blogilicious Van Bandung : Amin, salam blogger juga bro..:D

    BalasHapus