01 Januari 2011

Berbagi Pengetahuan Tubuh dengan Anak

Jangan menghindar saat anak sedini apapun usianya –mulai bertanya tentang bagian-bagian tubuh. Orang tua tetap sumber yang tepat bagi anak untuk mendapatkan jawabannya.

Anak sudah diajarkan membedakan laki-laki dan perempuan sejak ia memanggil orang tua dengan nama yang berbeda."
(Anita Chandra, Psikolog Anak)

Aturan utamanya adalah tidak boleh menampakkan anggota tubuh yang biasanya tertutup pakaian kepada orang lain, apalagi yang berbeda jenis kelamin. Anak harus belajar untuk mempertahankan diri ketika ada orangyang memintanya memperihatkan bagian tubuh yang bersifat pribadi.

Orang tua tidak boleh membiasakan anak untuk mandi bersama ataupun berganti pakaian bersama dengan orang dewasa, siapapun itu. Anak harus tetap diperlakukan terhormat, bukan dianggap sebagai benda yang tidak tahu apa-apa.

Orang tua harus memberikan kebebasan bertanya kepada anak. Ketika anak bertanya dari mana bayi lahir? Orang tua dapat menjawab dari perut. Tidak perlu buru-buru menjelaskan asal mula kehidupan dan proses kelahiran. Karena informasi yang belebihan akan membuat anak bingung. Cara praktisnya : ajak si kecil ke klinik dokter bersalin, atau ajak ia menengok teman Anda yang baru melahirkan.

Jangan pernah menghindar dengan mengatakan :” Kamu masih anak kecil, belum tahu apa-apa, itu urusan orang dewasa.”





Tidak ada komentar:

Posting Komentar