01 September 2010

Bermain dengan Boneka Horta


Setiap pagi sebelum mandi, Queency selalu ramah menyapa Horta : “Hallo Horta, udah bangun belum? Queency udah bangun, Horta mo dimandiin nggak?”


Saya mengenalkan Queency dengan pohon-pohon besar saat kami jalan-jalan sore. Tahap kedua saya mengenalkan Queency dengan tanaman-tanaman kecil yang biasa ditanam oma di pot. Tahap ketiga saya perkenalkan Queency menyiram tanaman dengan penyiram tanaman yang bentuknya lucu-lucu (ada lumba-lumba dan gajah) dan tahap keempat saya perkenalkan Queency dengan boneka horta. Dia seperti punya teman kecil yang bisa diajak ngobrol…

Boneka rumput horta adalah suatu media tanam yang dikemas dalam bentuk boneka yang apabila disiram setiap hari pada bagian atas kepalanya akan ditumbuhi rumput (seperti halnya rambut pada manusia). Boneka ini bisa menjadi salah satu alternatif mainan baru yang edukatif, kreatif dan imajinatif untuk anak-anak. Selain itu anak-anak dapat belajar mengamati pertumbuhan tanaman sambil bermain.


Permainan ini dimulai ketika anak merendam boneka dengan air dan menyiram kepala boneka setiap hari, kemudian mengamati pertumbuhan rumput di bagian kepalanya setiap hari.

Apabila rumput sudah tumbuh terlalu tinggi (panjang) Anak-anak dapat memangkas rumput sesuai dengan gaya dan keinginan mereka.

Cara pengerjaan agar boneka horta tumbuh adalah sebagai berikut.

1. Rendam boneka dalam air selama 1 jam dengan poisisi terbalik.
2. Angkat dan letakkan horta pada wadah
3. Siramkan air setiap hari dengan “semprotan burung” pada bagian atas kepalanya.
4. Selama seminggu pertama tempatkan boneka di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
5. Rambut akan mulai tumbuh setelah horta memasuki hari kedua.
6. Selamat bersenang –senang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar