09 Mei 2010

Saya Ingin Membuat Allah Tersenyum

Hujan deras turun setelah spanduk rumah kliping selesai dicetak di kantor Spirit Bersama Tajur. Perut lapar, tapi kami nggak bisa keluar sebab terkurung hujan. Seorang bapak tua masuk ke dalam kantor tersebut.

“Pak, bu, ini saya jualan nasi ama lauk. Ada ikan, ayam, jengkol, gorengan dan sayur buntil…nasi bungkusnya juga ada…baru dimasak ama istri saya.

Saya dan Mona mendekati bapak ini untuk melihat dagangan nasi dan lauk pauk milik pak tua. Hmm boleh juga, pikir saya dalam hati, setelah melihat dagangan yang dibawa pak tua.

Beberapa saat setelah itu, Mona bertanya :”Makannya pake apa pak?"


"Ini ada sendoknya…bersih kok bu", ujar pak tua

Saya langsung memilih makan nasi pake ayam bumbu dan Mona memilih nasi pake jengkol dan sayur buntil.

Di sela-sela makan, saya membuka percakapan dengan pak tua.
“Kok masih jualan pak”? tanya saya
“Saya nggak mau ngarepin uang dari anak, saya masih bisa usaha sendiri. “
“Oh, begitu , jawab saya seraya takjub.
“Dulu, saya karyawan UNITEX selama 34 tahun. Setelah pensiun, saya jualan nasi bungkus, Sehari saya ngejualin 8 nasi bungkus dan lauknya, yang masak istri saya. Saya jualan kayak gini udah 9 tahun.

“Umur bapak sekarang berapa?” tanya saya lagi.
“64 tahun, anak saya dua orang perempuan…yang satu kuliah di Jakarta dan yang satu lagi kuliah di Afrika. Meskipun sudah tua saya nggak mau cuma duduk-duduk di rumah…nanti malahan kena stroke. Saya lebih suka ngider jualan nasi kayak begini.”

“Bapak hebat, umur 64 tahun masih bisa jualan nasi,” ujar saya lagi.
“Kalau diem di rumah malahan pusing, prinsip saya apapun yang terjadi dalam hidup ini harus disyukuri, saya hanya ingin membuat Allah tersenyum,” jawab pak tua.

“Nanti, kalau saya kangen masakan istri bapak, saya datang ke sini aja ya buat beli nasi bungkus”, ujar saya. “Iya, saya jualan tiap hari kok pak”, jawab pak tua ramah.

Belakangan, saya tahu nama pak tua yang hebat ini adalah Pak Ali.
Sampai jauh malam saya masih memikirkan ucapan Pak Ali: Saya ingin membuat Allah tersenyum. Saya rasa Pak Ali sudah berhasil melukis senyum di wajah Allah. Terima kasih Pak Ali untuk nasihat hebatnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar