17 Maret 2009

KTP Baru

18 Maret 2009
KTP Baru

Hari masih pagi waktu aku tiba di kantor kecamatan Bogor.
Hari ini aku izin nggak masuk satu hari buat bikin KTP.
KTPku udah kedaluarsa sejak tanggal 25 Pebruari yang lalu.
KTP kakaku Monike juga kadaluarsa sejak tanggal 8 Maret 2009.


Kami tiba di kantor kecamatan jam 10 pagi.
Ini pak berkas-berkasnya, saya dan kakak saya mau memperpanjang KTP ujarku kepada petugas kantor kecamatan. Beberapa saat petugas itu mengamati berkas-berkas yang saya sodorkan. Maaf pak berkasnya belum lengkap. Bapak perlu melampirkan surat pengantar dari RT dan surat keterangan dari kelurahan, setelah lengkap baru bapak bisa datang ke sini. Sekarang memperpanjang KTP mudah kok, tinggal difoto aja(sama seperti pembuatan SIM)jawab petugas kelurahan, berusaha untuk ramah.

Tidak ada kesibukan yang berarti di kantor itu. Ada seorang ibu petugas kecamatan yang lagi ngisi teka-teki silang, ada yang ngobrol, ada yang bengong. Intinya waktu mereka habiskan dengan kegiatan yang tidak produktif.

Setelah mendapat keterangan dari bapak itu, aku langsung pergi bergegas mengurus berkas-berkas yang belum lengkap. Pak RT di tempatku sekarang sudah ganti. Pak Akhyar sekarang jadi RT, temanku dulu waktu main bola merebut piala 17 Agustus-an. Nah tinggal surat pengantar dari kelurahan yang belum.Kantor kelurahan dari rumahku berjarak 2 menit kalau jalan kaki, artinya dekat banget.

Jam 10.30 motorku parkir di halaman kelurahan. Coba bayangkan karyawannya yang masuk cuma satu orang. Yang lainnya: rapat, datang siang, dan alasan lainnya yang beragam.
Ngurus surat pengantar dari kelurahan juga mudah, cuma butuh waktu 30 menit. Setelah surat selesai aku dan kakakku langsung ngacir ke kantor kecamatan. berusaha datang sebelum jam 12. karena jam 12 adalah waktu istirahat.

Jam 11.30 kami tiba di kantor kecamatan (lagi) untuk yang kedua kalinya.
Berkas langsung aku serahkan ke loket KK/KTP. Aku dapat no. 47, Ike no. 48
kami menunggu beberapa saat, lalu dipanggil untuk dipotret.

Pada akhirnya proses pembuatan KTP selesai. KTP seleasai tanggal 23 Maret ini.
KTP yang selesai bisa diambil oleh siapa saja.

kesimpulannya sebelum membuat KTP Anda harus mempersiapkan hal-hal sebagai berikut.
1. Surat keterangan dari RT domisili.
2. Surat keterangan dari kelurahan
3. Administrasi pembuatan KTP @Rp30.000
4. Fotocopy KTP lama 1 lembar.
5. Fotocopy KK 1 lembar.
6. uang pelicin jika prosesnya ingin cepat.
7. Alamat Kantor kecamatan Bogor Utara tepatnya di dekat mesjid Ar-Rahman Indraprasta
belok kiri (jalan sebelum PMI Bank darah).

Selamat memperbaharui KTP.:)























2 komentar:

  1. Kalau proses membuat ktp baru di kota lain bagaimana ya? Thx

    BalasHapus
  2. Prosesnya sama pak. Surat keterangan dari rt,rw, kelurahan baru ke kecamatan. 2 minggu selesai. :)

    BalasHapus